Surabaya (ANTARA) - Ribuan pelajar meramaikan Gebyar Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 yang dipusatkan di Balai Pemuda Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Surabaya bersama Bunda PAUD Surabaya, instansi pemerintah serta sejumlah lembaga dan pihak terkait.

"Rangkaian kegiatan itu diawali dengan kampanye stop kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh para pelajar di sejumlah lokasi di Surabaya," kata Eri.

Tak hanya itu, berbagai kegiatan menarik juga diadakan di kompleks Balai Pemuda dalam menyemarakkan HAN Tahun 2022, seperti lomba mewarnai untuk anak PAUD, pameran lukisan, lapak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), berbagi lomba pelajar, hingga pertunjukan seni dan budaya.

Baca juga: Askrindo gelar PAUD Institute Awards bantu cetak generasi emas

Baca juga: Ketua PIA Muspurdirla: Setiap anak punya kelebihan dan potensi bakat


Dalam momen itu juga diisi dengan acara pemberian bantuan sepeda hingga penyerahan penghargaan bagi para pelajar berprestasi di Kota Pahlawan. Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi juga sempat mendongeng.

Eri menyatakan sebuah kota akan menjadi hebat ketika anak-anak sebagai calon pemimpin bangsa telah disiapkan. Bagi Eri, Surabaya tidak akan menjadi kota yang hebat jika sejak dini anak-anak itu belum merasa nyaman, aman, dan tak memiliki rasa persatuan maupun saling membantu.

"Makanya selalu saya sampaikan bahwa membangun Kota Surabaya ini harus dengan hati. Bukan sebuah penghargaan yang kita cari, bukan sebuah bangunan monumental yang kita harus wujudkan di Surabaya," kata Eri.

Oleh sebabnya, dia kembali menyatakan, bahwa yang harus dilakukan sekarang adalah bagaimana membangun Sumber Daya Manusia (SDM) anak-anak Surabaya. Bagaimana menyiapkan anak-anak Surabaya ini menjadi calon pemimpin di masa depan yang luar biasa.

"Saya lebih bangga ketika memimpin Surabaya ini dengan bersama-sama membangun sumber daya manusia. Kita ciptakan anak-anak Surabaya menjadi anak-anak yang luar biasa dan siap menjadi pemimpin di Surabaya," kata dia.

Untuk itu, dalam puncak peringatan HAN 2022 di Surabaya, Pemkot berkolaborasi bersama Bunda PAUD ingin memunculkan seluruh potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak Kota Pahlawan.

Makanya, kata dia, kegiatan ini seluruhnya juga ditangani langsung oleh anak-anak Surabaya, mulai dari penyelenggara, pembawa acara (MC), moderator hingga para peserta pertunjukan.

"Itu sangat luar biasa karena itu saya ingin mengembangkan seluruh kemampuan potensi arek-arek di Suroboyo," kata Eri.*

Baca juga: MPI: Pendidikan budi pekerti anak harus ditingkatkan

Baca juga: Disparbud Jabar-Pilart Art Club sediakan ruang berekspresi bagi anak

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022