Kita berharap mitra deradikalisasi ini menjadi petani kopi yang hebat dan tangguh.
Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendorong para eks narapidana terorisme atau mitra deradikalisasi menjadi petani kopi terampil melalui program Kawasan Terpadu Nusantara (KTN).

"Kita berharap mitra deradikalisasi ini menjadi petani kopi yang hebat dan tangguh," kata Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Komjen Boy Rafli usai meresmikan KTN dan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI), di Temanggung, Jawa Tengah.

Dengan luas wilayah KTN Temanggung yang mencapai 10 hektare dan berada di kaki Gunung Sindoro, Boy yakin para mitra deradikalisasi bisa menghasilkan budi daya kopi yang berkualitas.

"Kopi itu komoditas yang terkenal. Kami yakin di bawah bimbingan Kementerian Pertanian akan menghasilkan petani kopi yang terampil," kata Kepala BNPT.
Baca juga: BNPT buka KTN seluas 10 hektare di Garut untuk deradikalisasi
Baca juga: BNPT ajak praja IPDN jadi garda terdepan lawan terorisme



Boy Rafli menjelaskan sebagai pusat reintegrasi sosial, ke depan mitra deradikalisasi akan bergabung dengan koperasi untuk bersama-sama dengan masyarakat meningkatkan produksi, serta mempromosikan kopi Temanggung.

Menurutnya, melalui program deradikalisasi KTN tersebut, para eks narapidana terorisme akan berkembang secara ekonomi termasuk masyarakat sekitar

"Pasti ini akan terus berkembang menjadi unit usaha yang menguntungkan. Apalagi, kopi Temanggung memang sudah hebat dan top di Indonesia," ujarnya.

Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi mengatakan kementerian tersebut memberikan bantuan 1.000 bibit kopi, dua unit sprayer, dua unit cultivator, satu unit traktor, dan satu ton pupuk organik.

Tidak hanya itu, Kementerian Pertanian RI juga akan memberikan pelatihan kepada mitra BNPT, sehingga program pencegahan terorisme dapat dilakukan dari hulu hingga ke hilir.

Dengan diresmikannya KTN Temanggung, total saat ini terdapat empat KTN yang tersebar di Turen, Jawa Timur, Sumbawa Nusa Tenggara Barat, dan KTN Garut, Jawa Barat.

Dalam pembangunan KTN Temanggung, BNPT bekerja sama dengan Pemerintah Temanggung, Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Kementerian Pertanian, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan Koperasi Rejo Mulyo.
Baca juga: Program deradikalisasi BNPT di Malang mulai membuahkan hasil
Baca juga: Kepala BNPT ingatkan pentingnya inovasi dalam program KTN

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022