Sebelumnya rendang sudah pernah juga dikirim ke Eropa. Tapi, baru hubungan pribadi dengan pribadi bukan dalam bentuk hubungan bisnis
Padang (ANTARA) - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Dapur Mutiara mengekspor satu ton bumbu rendang dengan tiga varian berdasarkan tingkat kepedasan ke Hamburg, Jerman.

"Sebelumnya rendang sudah pernah juga dikirim ke Eropa. Tapi, baru hubungan pribadi dengan pribadi bukan dalam bentuk hubungan bisnis. Ini adalah langkah maju yang mudah-mudahan membuka pintu ke negara-negara Eropa," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat melepas pengiriman bumbu rendang di Padang, Sumbar, Rabu

Ia mengatakan Pemprov Sumbar memberikan dukungan penuh untuk produk-produk UMKM yang bisa menembus pasar luar negeri.

"Yang paling berat untuk ekspor produk ini bagi UMKM adalah biaya pengiriman yang kabarnya sampai Rp50 juta. Kita akan bantu biaya pengiriman ini sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kemajuan UMKM Sumbar," katanya.

Mahyeldi juga menyebut dukungan menjadi penting dilakukan karena ekspor produk itu meskipun saat ini nilainya masih relatif kecil, namun ke depan, bila dilakukan dengan serius akan bisa menjadi pintu untuk tumbuhnya usaha skala industri di Sumbar.

"Bumbu rendang membutuhkan banyak rempah dan bumbu. Ini tentu akan memiliki efek domino terhadap produk lain. Lengkuas, serai, santan kelapa dan bumbu lain dibutuhkan untuk memastikan ketersediaan stok. Maka, akan terbuka peluang perkebunan skala besar pula," ujarnya.

Ke depan, Pemprov Sumbar akan terus mengupayakan agar produk UMKM terutama rendang benar-benar bisa mendunia. Modalnya adalah diaspora Minang yang tersebar hampir di seluruh pelosok dunia.

"Sekarang kita tengah menjajaki pasar Australia. Kita cari orang Minang yang punya peternakan sapi di sana. Kita kirimkan bumbu rendang dari Sumbar. Nanti, rendangnya dibuat oleh orang Minang. Maka, meski dibuat di luar negeri, maka keotentikannya tetap terjaga," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Nazwir mengatakan ekspor rendang Dapur Mutiara ke Jerman ini tidak lepas dari kepedulian diaspora Minang di perantauan.

"Para perantau inilah yang getol ingin memperkenalkan rendang pada masyarakat Eropa. Prosesnya cukup panjang karena banyak regulasi dan kecocokan rasa yang harus disesuaikan dengan lidah orang Eropa," katanya.

Dalam proses hingga produk bisa dikirimkan dalam skala cukup besar ke Jerman itu menelan cukup banyak biaya. Semua ditanggung oleh para perantau keluarga Minang di Hamburg.

"Kepedulian para perantau ini sungguh luar biasa. Mudah-mudahan ini akan menjadi awal untuk ekspor yang lebih besar," katanya.

Diaspora Minang di Hamburg, Jerman, Budi Indra menyebutkan awal mula ekspor bumbu rendang ke Jerman itu karena kerinduan warga Indonesia di Jerman, tidak hanya orang Minang, terhadap kuliner rendang.

"Jadi, dulu kami pernah membawa rendang ke Hamburg. Dibagi-bagikan pada masyarakat Indonesia di sana. Ternyata semua suka. Lalu, mereka ingin makan rendang lagi. Maka dari situ, muncul ide untuk membuka bisnis rendang di Jerman," ujarnya.

Namun, karena regulasi di Jerman tidak membolehkan produk daging dari luar untuk diperjualbelikan, maka dicarikan solusi hanya mengirimkan bumbunya saja. Sementara daging bisa dipilih sesuai selera di negara itu.

"Maka, saya coba kontak teman di sini, Hendri Agung Indrianto yang saat itu Kabid di Dinas Pariwisata Sumbar. Ia mengarahkan untuk menjalin kerja sama dengan UMKM hingga sekarang bisa ekspor ke Jerman," katanya.

Ia menyebut semua syarat regulasi untuk produk di Indonesia sudah dipenuhi oleh UMKM, sementara untuk regulasi di Jerman ditangani oleh pemilik Toko Indonesia di Jerman, Jamal.

"Mudah-mudahan nanti bisa menembus pasar negara Eropa lainnya," katanya.

Selain bumbu rendang juga dikirimkan sampel produk UMKM ke Swiss untuk menjajaki pasar di negara tersebut.

Baca juga: Bumbu rendang Payakumbuh diekspor ke Jerman dengan kontrak 10 tahun
Baca juga: KBRI Sofia promosikan rendang ke negara-negara Balkan
Baca juga: Ibu Negara inginkan rendang dicintai dunia dan diakui UNESCO

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022