Pertamina bukanlah regulator. Pertamina sifatnya hanya sebagai pelaksana atau eksekutor
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap berkolaborasi untuk mendukung program registrasi aplikasi MyPertamina untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bagi masyarakat Jakarta.

"Pasti siap berkolaborasi supaya lebih efektif," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah saat ditemui  di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan  suatu kegiatan atau program saat ini tidak bisa berdiri sendiri sehingga  harus berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait.
 
Maka dari itu, kata dia, Pertamina harus melibatkan pemangku kepentingan seperti pemprov, pemerintah kota/kabupaten berkaitan dengan perizinan, data, dan regulasi.

"Dia harus berkolaborasi, tidak bisa berdiri sendiri," kata Andri Yansyah.

 Dalam kesempatan sama, Sales Area Manager Retail Jakarta Bogor Depok  PT Pertamina Patra Niaga Gustiar Widodo berharap  ke depannya ada pihak atau lembaga yang bisa memverifikasi pihak yang berhak membeli BBM bersubsidi.

"Pertamina bukanlah regulator. Pertamina sifatnya hanya sebagai pelaksana atau eksekutor," kata Gustiar Widodo.

Baca juga: Pertamina disarankan layani langsung angkutan umum terkait MyPertamina
Baca juga: Pengemudi angkutan umum berharap masih bisa beli langsung BBM subsidi


Sebelumnya, Pertamina menegaskan pendaftaran pembelian bahan bakar minyak bersubsidi melalui platform digital MyPertamina hanya dikhususkan untuk pemilik kendaraan roda empat.

Pada tahap ini, pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

Pertamina membuka pendaftaran kendaraan dan identitas bagi para pemilik kendaraan terhitung mulai 1 Juli 2022 sampai 30 Juli 2022. Selama masa pendaftaran dan transisi, konsumen masih tetap bisa membeli bahan bakar bersubsidi jenis pertalite dan bio solar secara manual.

Baca juga: Pertamina catat 220 ribu lebih kendaraan sudah daftar ke MyPertamina
Baca juga: Warga Jakarta bisa registrasi MyPertamina via daring atau datangi SPBU

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2022