Dolar kehilangan sedikit ketinggian karena saya pikir pasar bersiap untuk potensi Ketua Fed Powell terdengar sedikit lebih hawkish,
Tokyo (ANTARA) - Dolar AS melemah di dekat level terendah tiga minggu terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada Kamis pagi, setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell meredakan kekhawatiran pedagang tentang berlanjutnya pengetatan moneter yang agresif.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, turun semalam setelah Fed menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin seperti yang diperkirakan untuk membawanya lebih dekat ke netral, sambil mencatat bahwa meskipun pasar tenaga kerja tetap kuat, indikator ekonomi lainnya telah melemah.

Powell mengatakan kenaikan suku bunga "luar biasa besar" lainnya dapat dilakukan pada pertemuan Fed berikutnya, tetapi mengatakan keputusan bank sentral akan bergantung pada data dan tidak akan memberikan panduan ke depan. Dia juga mengatakan dia tidak percaya ekonomi berada dalam resesi, berdasarkan kekuatan lapangan kerja.

Baca juga: Dolar jatuh setelah kenaikan suku bunga Fed dan komentar Powell

"Dolar kehilangan sedikit ketinggian karena saya pikir pasar bersiap untuk potensi Ketua Fed Powell terdengar sedikit lebih hawkish," kata Rodrigo Catril, ahli strategi valas senior di National Australia Bank.

"Pasar agak fokus pada komentarnya seputar fakta bahwa kita semakin mendekati netral," kata Catril. "Ada potensi sekarang untuk memperlambat laju kenaikan, dan pasar menyukainya."

Indeks dolar sedikit lebih tinggi pada 106,54 di awal perdagangan Asia setelah turun 0,59 persen semalam. Di bawah 106,1 akan menjadi yang terendah sejak 5 Juli.

Imbal hasil obligasi pemerintah dua tahun, yang sangat sensitif terhadap ekspektasi kebijakan, merosot mendekati level terendah minggu ini di 2,9878 persen, menambah tekanan lebih lanjut pada dolar.

Itu tetap sekitar 23 basis poin di atas imbal hasil 10-tahun, secara luas dilihat sebagai sinyal penurunan yang membayanginya.

Baca juga: Dolar menguat jelang keputusan suku bunga Federal Reserve AS

Apakah ekonomi AS memenuhi definisi resesi teknis dengan mencatat kontraksi dua kuartal berturut-turut akan diketahui pada Kamis dengan rilis angka PDB, yang akan menjadi fokus utama pasar berikutnya.

Mata uang Jepang, yang sangat sensitif terhadap imbal hasil AS, naik pada Kamis. Satu dolar dibeli 136,325 yen, turun 0,2 persen dari Rabu (26/7/2022).

Euro tergelincir 0,08 persen menjadi 1,0191 dolar AS, tetapi mengikuti lonjakan 0,82 persen semalam.

Sterling 0,09 persen lebih rendah pada 1,2146 dolar, setelah reli 1,06 persen pada Rabu (27/7/2022).

Mata uang kripto bitcoin turun 0,58 persen menjadi 22.836,57 dolar AS, memberikan sedikit lonjakan lebih dari 8,0 persen pada sesi sebelumnya.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022