saat ini tiga RW yang sudah selesai diperbaiki
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) mengejar target untuk membenahi 10 rukun warga (RW) rawan banjir hingga September 2022.

"Dari 10 RW di Jakarta Barat, saat ini tiga RW yang sudah selesai diperbaiki," kata Kepala Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Ziki Zulkarnain, saat ditemui di Jakarta Barat, Kamis.

Kegiatan tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya banjir di 10 titik permukiman warga Jakarta Barat.

Tiga RW yang sudah diperbaiki di antaranya RW 02 Kedoya Utara, RW 12 Kelurahan Kebon Jeruk dan RW 02 Kelurahan Rawa Buaya.

Pengerjaan yang diselesaikan meliputi pembangunan saluran air, kolam olakan di beberapa titik hingga pembuatan beberapa pintu air.

Baca juga: Anies dinilai belum miliki solusi signifikan tanggulangi banjir

Sedangkan sisanya yakni RW 04 Kelurahan Krendang, RW 02 Kelurahan Rawa Buaya, RW 08 Kelurahan Cengkareng Timur, RW 03 Kelurahan Kedaung Kali Angke, RW 01 Kecamatan Kalideres, RW 01 dan 11 Kelurahan Pal Merah masih dalam pengerjaan.

Bahkan, ada beberapa titik RW yang masih belum dikerjakan sama sekali.

Menurut Ziki, pengejaran tersebut dikerjakan secara bertahap lantaran setiap wilayah memiliki problematika berbeda yang menjadi penyebab banjir.

Beberapa problematika di antaranya wilayah yang dialirkan sungai besar hingga masalah selokan dari sumur resapan yang kerap tersumbat sampah.

Maka dari itu, pihaknya bersama kontraktor yang terlibat dalam perbaikan tersebut akan memaksimalkan pengerjaan saluran air agar 10 RW rawan tersebut tidak menjadi lokasi rawan banjir.

Baca juga: Wagub DKI nilai program penanganan banjir cukup berhasil

Saat ditanya berapa anggaran yang digelontorkan Pemkot Jakarta Barat untuk kegiatan ini, Ziki enggan menjelaskan dengan rinci.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022