Jakarta (ANTARA) - Tim sepak bola celebral palsy (CP) Indonesia siap mempertahankan medali emas pada ASEAN Para Games 2022 bulan depan di Solo, Jawa Tengah.

Tim besutan pelatih Anshar Ahmad itu meraih emas pada ASEAN Para Games 2017 di Malaysia sekaligus menyempurnakan gelar juara umum kontingen Merah Putih dengan perolehan 126 medali emas.

Indonesia kehilangan kesempatan mempertahankan medali tersebut pada edisi 2019 di Filipina setelah panitia penyelenggara membatalkan ajang tersebut karena pandemi COVID-19.

"Saya bersama seluruh pemain dan ofisial bertekad untuk kembali meraih gelar juara. Kami yakin bisa meraih medali emas ASEAN Para Games 2022," kata Anshar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Stadion Manahan Solo untuk upacara pembukaan dan atletik APG 2022

Mantan asisten pelatih Persis Solo itu menyebut ada 14 pemain dalam skuadnya telah lolos klasifikasi sehari sebelumnya.

Tujuh orang di antara merupakan pemain yang pernah membawa Indonesia juara di Malaysia 2017. Mereka adalah Yahya Hernanda, penjaga gawang Amin Rosyid, Adi Joko Saputro, Dani Priyo Sejati, Cahyana, Ahmad Yuliarsi dan Yahya Muhaimi.

Sementara itu pemain lainnya adalah Ahmad Yusuf, Cahyana, Mahdianur, M Ikhsan Tabrani, M Ridhana, Abdul Aziz, Alfy Yikwa, dan Yusuf Suhendar.

Yahya Hernanda selaku kapten meyakini timnya merupakan yang terkuat pada nomor sepak bola CP yang akan digelar di UNS Solo itu. Namun dia memperkirakan Thailand akan menjadi lawan terberat bagi Indonesia.

"Jam terbang mereka lebih tinggi, karena sering ikut ajang internasional, termasuk Piala Dunia sepak bola CP di Spanyol, Mei 2022 lalu. Tapi kami juga tidak memandang sebelah mata kekuatan tim-tim lainnya," ujar Yahya.

ASEAN Para Games 2022 akan dipusatkan di Solo Raya dan Semarang, 30 Juli-6 Agustus. Pada cabang sepak bola CP, ada empat tim yang akan bertanding untuk memburu medali emas, yaitu tuan rumah Indonesia, Thailand, Myanmar dan Kamboja. Sedangkan Malaysia yang semula akan turut bersaing, dikabarkan telah mengundurkan diri.

Baca juga: Atlet panahan mulai latihan resmi di arena APG 2022
Baca juga: Bendera seluruh negara peserta APG 2022 berkibar di Stadion Manahan


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022