Solo (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan persiapan upacara pembukaan (opening ceremony) ASEAN Para Games (APG) XI 2022 yang digelar di Stadion Manahan Solo, sudah rampung.

"Kami telah melihat bersama dalam gladi opening ceremony APG semua sudah baik dan setting area juga sudah bagus, mudah-mudahan digiatkan lagi dan pembukaan bakal sukses," kata Menpora dalam acara gladi opening ceremony APG 2022 di Stadion Manahan Solo, Kamis malam.

Menpora mengatakan telah mendapat penjelasan seputar gladi acara pembukaan dari Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Ketua Chief de Mission (CDM) Kontingen Indonesia, Prihatin.

"Saya optimistis opening ceremony APG 2022 insya Allah akan bagus. Rencana opening ceremony APG XI 2022 di Solo bakal dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin," kata Menpora.

Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka juga memastikan Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin bakal membuka opening ceremony APG XI di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/7), sekitar pukul 19.00 WIB.

Acara pembukaan APG tersebut bakal dihadiri sekitar 10.000 penonton dan akan disajikan kebudayaan Jawa mulai dari tarian dan wayang yang menceritakan soal maskot APG, yakni Rajamala. Namun, untuk penutupan acara akan menampilkan tarian nusantara.

Baca juga: Stadion Manahan Solo untuk upacara pembukaan dan atletik APG 2022

APG XI 2022 di Solo yang diikuti 11 negata Asia Tenggara tersebut mengambil tema "Striving for Equality" atau Berjuang untuk Kesetaraan.

Selain melakukan gladi opening ceremony APG 2022 dan penataan lampu di panggung tribun timur Stadion Manahan, Gibran juga mengadakan acara potong tumpeng bersama Menpora, CDM dan pendukung opening ceremony serta doa bersama agar acara APG berjalan lancar dan sukses.

"Usai pembukaan APG para atlet bisa langsung menggelar pertandingan. Karena saya sudah mengecek semua arena pertandingan sudah siap semuanya untuk pertandingan para atlet," kata Gibran.

APG 2022 di Solo akan mempertandingkan 14 cabang olahraga yakni atletik di Stadion Manahan Solo, boccia (GOR FKOR UNS), panahan (Lapangan Kota Barat), judo (Tirtonadi Convention Hall), tenis meja (Solo Techno Park), angkat berat (Hotel Solo Paragon), renang (GOR Jati Diri Semarang), tenis lapangan (Manahan Solo), catur (Hotel Lor In D'wangsa Solo), goalball (GOR UNS), bulu tangkis (Edutorium UMS), sepak bola CP (Stadion UNS), Basket (GOR Sritex) dan voli duduk (GOR UTP).

Baca juga: Penyelenggara siapkan wayang kulit Rajamala untuk suvenir atlet APG
Baca juga: Inaspoc sulap tribun Stadion Manahan jadi panggung wayang besar


 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022