Kebutuhan mendesak bahan makanan dan perlengkapan bayi
Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Kepala Desa Torue  Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah Kalman M Andi Hamid  mengatakan korban banjir di wilayahnya membutuhkan bantuan logistik dan perlengkapan bayi.

"Kebutuhan sangat mendesak saat ini adalah logistik bahan makanan dan perlengkapan bayi," kata Kalman M Andi Hamid ditemui di Torue, Parigi Moutong, Jumat.
 
Ia mengemukakan, saat ini korban banjir sedang mengungsi di tempat yang aman sebab mencari perlindungan khawatir terjadi banjir susulan.
 
Dilaporkan, sementara ini tujuh korban akibat dampak banjir, tiga diantaranya meninggal dunia dan empat orang lainnya masih dinyatakan hilang termasuk bayi.
 
"Data yang dilaporkan masih bersifat sementara. Kondisi saat ini air sudah surut, namun terjadi pemadaman listrik," ujar Kalman.


Baca juga: Tujuh korban akibat banjir di Desa Torue Kabupaten Parigi Moutong

Baca juga: BPBD: Ratusan kepala keluarga terdampak banjir Parigi butuh logistik
Salah seorang warga mengecek kondisi rumahnya yang dipenuhi tumpukan kayu akibat di hantam banjir pada Kamis (28/7) malam di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Jumat (29/7/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Ia menuturkan, banjir disertai lumpur terjadi pada Kamis (28/7) malam pukul 21.00 WITA akibat hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut memicu dua sungai di Desa Torue, Kecamatan Torue meluap hingga merendam pemukiman warga setinggi dada orang dewasa.
 
"Tiga korban meninggal dunia, satu warga Torue atas nama Kasmin Toki (50 tahun) dan dua orang lainnya adalah pelintas atas nama Mato (50 tahun), Aneke Solong (44 tahun). Mereka melintas dari arah Kabupaten Poso. Evakuasi dilakukan warga bersama tim SAR," tutur Kalman.
 
Dari peristiwa ini, dilaporkan lima desa Kecamatan Torue terdampak diantaranya Desa Torue, Astina, Purwosari, Tolai Barat, Tolai.
 
"Desa Torue, desa terdampak parah berada di Dusun dua, Dusun Tiga Dusun lima," kata Kalman menambahkan.
Hingga kini belum ada keterangan lebih lanjut dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong terkait jumlah kerusakan akibat dampak banjir.
 
Ditempat yang sama, Ketua DPRD Parigi Moutong Sayutin Budianto meminta Pemkab Parigi Moutong segera menetapkan status tanggap darurat di Kecamatan Torue, menginat kondisi saat ini tidak kondusif.
 
"Warga butuh obat-obatan, logistik, tenda darurat untuk mengungsi. Untuk sementara warga mengungsi di rumah kerabat mereka, masjid, dan kantor desa," kata Sayutin.

Baca juga: Banjir terjang sejumlah dusun di Parigi Moutong akibat tanggul jebol

Baca juga: Puluhan rumah warga Tomini Parigi Moutong terendam banjir
Rumah warga roboh diterjang banjir pada Kamis (28/7) malam di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Jumat (29/7/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022