Jakarta (ANTARA) - Kiper tim nasional putri Inggris Mary Earps menyampaikan kredit kepada David de Gea atas peningkatan performanya bersama The Lionesses yang mencapai final bergengsi pertama mereka dalam lebih dari satu dekade di Kejuaraan Eropa Putri tahun ini.

Earps menyumbang sejumlah penyelamatan di awal laga semifinal melawan Swedia yang berakhir dengan kemenangan 4-0 bagi tim besutan Sarina Wiegman tersebut di Sheffield, Selasa (26/7) kemarin, yang mengantarkan mereka untuk bertemu rival lamanya Jerman di Wembley pada Minggu (31/7) esok.

Penjaga gawang berusia 29 tahun itu harus beraksi pada 30 detik pertama untuk mementahkan upaya sepakan kaki kiri jarak dekat Sofia Jakobsson dan penyelamatan yang dilakukannya itu punya segala aspek ciri khas De Gea, rekan satu klub Earps di Manchester United.

"Saya terima perbandingan itu, tidak masalah sama sekali," kata Earps kepada media Inggris pada Rabu, menambahkan bahwa ia menerima pesan ucapan selamat dari De Gea setelah peluit akhir di Bramall Lane.

"Saya dan David sedikit berbicara. Kami saling bertukar pesan mengenai hasil dan clean sheet dan sejenisnya. Di Manchester United ia sangat suportif pada permainan putri. Selalu senang mendapat dukungannya.

"Namun sangat penting sebagai seorang kiper untuk membangun gayamu sendiri, karena tidak semuanya berhasil. Kamu mungkin melihat sesuatu di TV tapi itu mungkin tidak berhasil untukmu. Setiap orang membangun secara berbeda, kita semua mempunyai kekuatan yang berbeda."

Baca juga: Sepak bola Inggris dilanda euforia tiket final Euro Putri

Earps, yang hanya kemasukan satu gol dalam lima pertandingan Inggris sejauh ini, mengatakan ia menikmati kesempatan untuk bersinar di panggung besar setelah gagal dalam seleksi untuk Olimpiade Tokyo tahun lalu di bawah bos sementara Hege Riise.

Setelah gagal di belakang pemain muda Ellie Roebuck di bawah kekuasaan manajer sebelumnya Phil Neville, Earps kembali masuk tim setelah cedera betis dialami kiper Manchester City itu dan memperoleh cap pertamanya selama hampir dua tahun di bawah Wiegman September lalu.

"Saya sangat senang bermain di level ini," kata Earps seperti dilansir Reuters. "Rasanya luar biasa. Saya sangat bangga saya bisa menjadi bagian dari tim Inggris ini.

"Rekan-rekan setim saya telah mengatakan hal-hal yang sangat baik – hal-hal yang luar biasa – tentang saya dan itu sangat berarti. Saya ingin menjadi yang terbaik yang saya bisa untuk mereka."

Baca juga: Popp antar Jerman tantang Inggris dalam final Euro Putri 2022

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022