Kami di Kemendikbudristek, terus berkomitmen untuk terus mendorong segala bentuk inisiatif yang berkaitan dengan pengembangan UMKM,
Mamuju (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) akan menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap produk-produk lokal di Sulawesi Barat.

"Gernas BBI Semangat Sulbar, tidak hanya akan menguatkan UMKM di Sulbar tetapi juga semakin menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap produk-produk lokal," kata Nadiem Makarim, saat memberikan sambutan secara virtual pada pembukaan Gernas BBI Semangat Sulbar, Jumat.

Pembukaan Bernas BBi yang dilaksanakan di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, juga dirangkaikan dengan Gema Sulbar sebagai komitmen kolaborasi antara Kemendikbudristek selaku Manajer Kampanye Gernas BBI dengan Pemprov Sulbar, sebagai tuan rumah.

Baca juga: Pemerintah kurasi UMKM agar ramah lingkungan

Pembukaan Gernas BBI Semangat Sulbar tersebut sempat diguyur hujan deras namun tidak menyurutkan antusias tamu undangan dan ribuan masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut.

Mendikbudristek menyampaikan, saat ini sudah ada lebih 200 lebih UMKM di bawah binaan Bank Indonesia yang mengedepankan inovasi karya anak bangsa.

"Kami di Kemendikbudristek, terus berkomitmen untuk terus mendorong segala bentuk inisiatif yang berkaitan dengan pengembangan UMKM sejalan dengan misi Merdeka Belajar, yakni mengedepankan kolaborasi lintas sektor untuk mengakselerasi peningkatan kualitas sistem pendidikan," urainya.

Baca juga: Menko Marves sebut Gernas BBI solusi kuatkan ekonomi negeri

"Melalui kegiatan ini kami juga akan menguatkan kerja sama antara satuan pendidikan dengan dunia usaha dan industri, khususnya UMKM melalui terobosan SMK Pusat Unggulan, Kampus Merdeka Vokasi dan Kampus Vokasi," jelas Nadiem Makarim.

Pada Gernas BBI Semangat Sulbar itu juga kata Nadiem Makarim, akan dilakukan pelatihan bagi UMKM lokal dan simposium dengan tema 'Memupuk Karakter Bangga Buatan Indonesia Melalui Merdeka Belajar'.

"Kegiatan ini difokuskan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan keahlian dalam menunjang proses 'onboarding' UMKM lokal, salah satunya melalui digital marketing," terangnya.

"Saya yakin, bahwa pelaksanaan Gernas BBI Semangat Sulbar akan semakin mendukung UMKM yang telah berkembang di daerah ini menguatkan langkah serentak kita mewujudkan Merdeka Belajar," kata Nadiem Makarim.

Baca juga: KKP terapkan strategi pemulihan ekonomi dalam Gernas BBI Kalsel
 
Salah satu makanan khas Mandar yang ikut dipamerkan pada pembukaan Gernas BBI Semangat Sulbar, di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Jumat (29/7). (ANTARA/Amirullah)

Pewarta: Amirullah
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022