Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih rendah pada perdagangan Jumat, berbalik melemah dari kenaikan di sesi sebelumnya dengan indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai, jatuh 0,89 persen atau 29,34 poin menjadi menetap di 3.253,24 poin.

Sementara itu, Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China tergelincir 1,30 persen atau 161,80 poin menjadi berakhir di 12.266,92 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang dicakup oleh kedua indeks tersebut mencapai mencapai 1,01 triliun yuan (sekitar 150,5 miliar dolar AS), sedikit lebih tinggi dari level pada hari perdagangan sebelumnya satu triliun yuan.

Saham-saham yang terkait dengan produksi daging babi dan manufaktur suku cadang mobil memimpin kenaikan, sementara saham-saham yang terkait dengan penerbangan dan bandara, pariwisata, dan Baijiu China, sejenis minuman keras, termasuk di antara yang mengalami kerugian terbesar.

Indeks ChiNext yang melacak saham perusahaan-perusahaan sedang berkembang atau perusahaan rintisan (start-up) di papan perdagangan bergaya Nasdaq China, merosot 1,31 persen menjadi ditutup pada 2.670,45 poin.

Baca juga: Saham China dibuka menguat, Indeks Shanghai naik tipis 0,01 persen

Baca juga: Saham China berbalik menguat, indeks Shanghai terkerek 0,21 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022