Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi (Disnav) Kelas III Cilacap menggelar program padat karya bertempat Instalasi Stasiun Radio Pantai (SROP) Pemancar Disnav Kelas III Cilacap, Jawa Tengah.

"Program padat karya bersumber dari APBN dan upah kerja diberikan secara langsung yang terlibat sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat," kata Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas III Cilacap Suyadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 28-30 Juli 2022 ini melibatkan 100 pekerja yang merupakan masyarakat sekitar, khususnya warga masyarakat Kelurahan Tambakreja.

Adapun pekerjaan pada padat karya kali ini meliputi pengecatan gedung SROP Pemancar, pembersihan lingkungan, perbaikan saluran, dan pemasangan paving yang dilakukan secara berkelompok dengan diawasi oleh tenaga terlatih serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pihaknya berharap melalui kegiatan padat karya ini tercipta pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan dan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan kemampuan anggaran yang ada," katanya.

Anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah VIII Novita Wijayanti yang hadir kegiatan itu mengapresiasi kepada segenap jajaran Disnav Kelas III Cilacap atas pelaksanaan program padat karya ini yang ketiga kalinya ini.

"Hari ini ada 100 orang peserta yang mengikuti kegiatan padat karya, semoga hasilnya maksimal. Karena kegiatan ini merupakan komitmen Pemerintah yang ingin hadir di tengah masyarakat," ujarnya.

Pihaknya berharap program padat karya seperti ini dapat diperbanyak di seluruh Indonesia guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Era New Normal ini.

Selain itu, lanjut Novita, kegiatan ini diperuntukkan bagi tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus dan diprioritaskan kepada warga lingkungan sekitar untuk diberdayakan.

Baca juga: Kemenhub libatkan Perguruan Tinggi dalam proyek Kereta Cepat dan LRT

Baca juga: Kemenhub buka gerai penerbitan Pas Kecil gratis di Pelabuhan Batam

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022