London (ANTARA) - Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada Jumat bahwa Ukraina menyerang sebuah penjara, di wilayah yang dikuasai separatis, dengan roket HIMARS buatan Amerika Serikat hingga menewaskan 40 tahanan perang Ukraina dan melukai 75 lainnya.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan-laporan medan perang. Ukraina belum mengomentari pernyataan Rusia tersebut.

"Sebuah serangan rudal dari sistem roket peluncuran ganda (HIMARS) buatan AS menyasar pusat penahanan prapersidangan di daerah permukiman Olenivka, tempat para tawanan perang militer Ukraina, termasuk pejuang dari batalion Azov, ditahan," kementerian pertahanan Rusia mengatakan dalam pengarahan hariannya.

Pemimpin separatis dukungan Rusia Denis Pushilin yang dikutip oleh Interfax mengatakan bahwa penjara itu, yang terletak di Olenivka --kota kecil di garis depan pertempuran-- menampung 193 orang dan tidak ada orang asing di antara para tahanan itu.

Setelah Rusia mengambil alih kendali Mariupol menyusul pengepungan selama berbulan-bulan di pabrik baja Azovstal, banyak pejuang Ukraina termasuk beberapa dari batalion Azov ditawan di Olenivka setelah mereka menyerah.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia rebut pembangkit listrik terbesar kedua di Ukraina

Baca juga: Rusia serang kapal militer di Odesa dengan rudal jelajah


 

Rusia rilis video evakuasi warga dari pabrik baja Azovstal

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022