Jakarta (ANTARA/JACX) - Agustus menjadi bulan istimewa bagi bangsa Indonesia karena terdapat peringatan Hari Kemerdekaan, 17 Agustus, yang dirayakan dengan berbagai kegiatan perlombaan.

Sejumlah masyarakat di berbagai daerah di Tanah Air merencanakan peringatan ataupun perlombaan "Agustusan", meski hanya berupa tirakatan demi mewujudkan rasa syukur karena dapat bertahan melewati berbagai gelombang COVID-19 yang menerpa sejak 2020.

Salah satu daerah yang disebut-sebut dalam unggahan Facebook serta pesan berantai WhatsApp akan menggelar aneka lomba peringatan HUT ke-77 RI adalah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dalam pesan berantai, kabupaten yang terletak di sebelah timur Gunung Semeru itu akan menggelar setidaknya sembilan acara. Perlombaan lari marathon dengan peserta dari 41 negara menjadi contoh acara yang akan digelar di Lumajang.

Berikut narasi dalam pesan tersebut:
“Kenalin Lumajang Eksotik
Dengan acara Agustusan sebagai berikut :
1. Tanggal 6 dan 7 Agustus 2022
- LFC Internasional Event 2022
2. Tanggal 19 s/d 21 Agustus 2022
- Lumajang Internasional Marathon (LIM) dengan peserta 41 Negara
3. Tanggal 9 s/d 11 Agustus 2022
- Karnaval Per Kecamatan
4. Tanggal 13 dan 14 Agustus 2022
- Festival Jaran Kencak
5. Tanggal 14 Agustus 2022
- Upacara Hari Pramuka
- Siang gerak jalan lingkot
6. Tanggal 17 Agustus 2022
- Upacara HUT RI Ke-77
7. Tanggal 27 Agustus 2022
- Karnaval Umum
8. Tanggal 28 Agustus 2022
- Pawai Becak Hias”


Namun, apakah benar Kabupaten Lumajang akan menggelar lomba marathon yang diikuti peserta dari 41 negara sebagai peringatan HUT ke-77 RI?
 
Pesan berantai hoaks yang menyebut Lumajang akan gelar berbagai kegiatan peringatan HUT ke-77 RI, termasuk lomba lari marathon yang akan diikuti peserta dari 41 negara. (Facebook)


Penjelasan:
Pemerintah Kabuptan Lumajang, Jawa Timur, dalam situs resmi mereka, membantah penyelenggaraan sejumlah acara dan perlombaan yang bertujuan memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono menyatakan informasi jadwal kegiatan HUT ke-77 RI itu bukan dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Agus mengatakan situasi dan kondisi di Indonesia yang belum benar-benar pulih dari Pandemi COVID-19, menjadi alasan tidak ada kegiatan beraneka ragam.

Acara Peringatan HUT RI pada 2022 di Lumajang akan digelar secara sederhana yaitu Upacara HUT RI di halaman Kantor Bupati Lumajang.

Klaim: Peringatan HUT ke-77 RI di Lumajang dihadiri peserta 41 negara
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Foto bayi dalam "kapsul", dukungan legalisasi aborsi

Baca juga: Pemerintah lakukan penelitian antibodi jelang HUT Kemerdekaan RI

Baca juga: Fenomena embun salju di kaki Gunung Semeru menarik wisatawan

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022