Jakarta (ANTARA) - Carlos Sainz membawa Ferrari sebagai yang tercepat di sesi latihan pertama Grand Prix Hungaria pada Jumat, di saat pebalap Red Bull Max Verstappen menggagalkan finis 1-2 tim Italia itu.

Sainz, yang memenangi GP Inggris, mencetak waktu tercepat di Hungaroring satu menit 18,750 detik, sedangkan sang pemuncak klasemen sementara Verstappen terpaut 0,130 detik di peringkat dua di sirkuit yang dipandang bakal menguntungkan Ferrari akhir pekan ini.

Pebalap Ferrari lainnya, Charles Leclerc, yang menjadi pesaing terdekat sang pebalap Belanda meski tertinggal 63 poin di klasemen karena kecelakaan saat memimpin GP Prancis pekan lalu, finis ketiga 0,289 detik dari pemuncak sesi, demikian Reuters.

Baca juga: Sainz dapat penalti di GP Prancis karena power unit baru

Lando Norris finis keempat untuk McLaren menggunakan ban soft, di depan pebalap Mercedes George Russell dan pebalap Red Bull Sergio Perez.

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton, pemegang rekor delapan kemenangan di Hungaria, finis ketujuh untuk Mercedes tapi terpaut 0,960 detik dari catatan Sainz.

Aston Martin bereksperimen dengan sayap belakang baru, dan Sebastian Vettel finis P11 setelah sang juara dunia empat kali mengumumkan rencana pensiunnya pada akhir musim. Rekan satu timnya, Lance Stroll finis P12.

Haas juga membawa mobil yang diupdate untuk Kevin Magnussen, menggunakan sejumlah komponen aerodinamika yang mirip dengan milik Ferrari.

Balapan di Hungaroring akan menjadi seri ke-13 dari 22 balapan di musim ini, serta pemungkas paruh pertama musim sebelum jeda pada Agustus nanti.

Baca juga: Sainz klaim kemenangan perdana dalam karier di Grand Prix Inggris

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022