Kupang (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mulai menggelar roadshow Gerakan 1000 Startup di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, untuk mengenalkan gerakan kepada masyarakat serta mendukung munculnya pencipta startup digital dari provinsi tersebut, Jumat.

"Roadshow ini sendiri merupakan tahapan pra-ignition yang bertujuan mengenalkan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kepada masyarakat dan mengajak mereka berperan sebagai pencipta atau the next founders untuk startup digital," kata Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Pudjianto dalam pembukaan acara roadshow di Kupang.

Acara roadshow ini dilakukan secara langsung yang dipusatkan di Universitas Katolik Widya Mandira serta diikuti sekitar 300 orang secara virtual.

Bonifasius mengatakan nantinya setelah mengikuti sesi roadshow dan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, diharapkan dapat muncul para founders yang dapat menjadi echnopreneur dalam memberikan solusi dan usaha bisnis di masyarakat serta dapat bersaing dengan daerah lain dalam menciptakan bisnis digital.

"Dalam pelaksanaannya perlu untuk mengembangkan inovasi yang lahir dari permasalahan yang ada di lingkungan sekitar kita," katanya.

Apabila dapat kembangkan, kata dia maka akan dapat memberikan dampak besar bukan hanya bagi daerah tetapi juga Indonesia bahkan hingga kancah internasional.

Dengan demikian maka diperlukan kolaborasi yang baik dari seluruh ekosistem pentahelix yang ada di daerah mencakup pemerintah daerah, pelaku industri kreatif, dan akademisi untuk bergotong royong dalam memfasilitasi inovasi dari para perintis startup masa depan di NTT.

Sementara itu Rektor Universitas Katolik Widya Mandira Pater Dr Philipus Tule SVD mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan para generasi muda atau mahasiswa setelah mengikuti roadshow tersebut.

"Mahasiswa dapat menjadi orang yang terampil yang bukan saja menjadi generasi pencari kerja tapi generasi muda yang menciptakan kerja untuk diri sendiri dan masyarakat yang akan ditemui ke depannya," katanya.

Philipus Tule mengatakan pihaknya mendukung penuh Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dapat membantu para mahasiswa maupun masyarakat umum menciptakan startup digital sendiri.

"Di samping sebagai ilmu pengetahuan, startup digital juga menjadi peluang yang luar biasa untuk didukung dalam menciptakan generasi muda yang melek digitalisasi," katanya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022