Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua melalui Dinas Pariwisata setempat akan menghidupkan kembali ekonomi kreatif sesudah pandemi COVID-19 di wilayah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Mathias Mano kepada Antara Jayapura, Jumat, mengatakan pariwisata menjadi salah satu sektor penyumbang terbesar untuk pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura yakni sebesar 70 persen.

"Sehingga kami akan kembali menghidupkan ekonomi kreatif di tempat wisata maupun hotel karena pendapatan kami sempat turun saat pandemi COVID-19," katanya.

Menurut Mathias, pihaknya akan membuka ruang bagi anak-anak muda yang mempunyai pikiran kreatif untuk mengembangkan kreatifitas dalam bidang usaha yang digeluti.

"Ini juga untuk penunjang pendapatan lain yang tentunya akan berdampak terhadap PAD Kota Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya kini telah bekerjasama dengan Numbay Kreatif Forum di mana bertujuan untuk melakukan weekend kreatif di Taman Imbi, Kota Jayapura.

"Jadi setiap akhir pekan akan banyak anak-anak muda yang berjualan di Taman Imbi," katanya lagi.

Sehingga ke depan kata dia, pelaku usaha khususnya anak muda di Kota Jayapura yang kreatif bisa menempati setiap tempat wisata pantai di wilayah itu. Supaya perekonomian di Kota Jayapura semakin lebih baik.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022