Makassar (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Endang Sari mengatakan jumlah pemilih muda atau kaum milenial tercatat mendominasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu serentak 2024 yang sementara ini dimutakhirkan penyelenggara Pemilu.

"Bicara pemuda dan pemilih pemula saat ini adalah tema yang sangat penting, karena jumlahnya mendominasi Daftar Pemilih Tetap atau DPT," ujar Endang Sari di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Dari data Badan Pusat Satistik (BPS) tahun 2021 menunjukkan penduduk Indonesia pada 2020, kata dia, didominasi penduduk usia produktif dan bahkan sudah mengalami bonus demografi.

Saat ini jumlah total penduduk Indonesia sudah mencapai 270,20 juta jiwa atau bertambah 32,56 juta jiwa dibandingkan Sensus Penduduk tahun 2010 lalu.

"Hasil sensus tersebut menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen penduduk Indonesia didominasi gen millenial atau pemuda dan Gen Z, sebagian besar pemilih pemula," katanya.

Sedangkan di Kota Makassar, sebutnya, persentase Gen Millenial dan Gen Z juga mendominasi jumlah di Daftar Pemilih Berkelanjutan. Pemilih (DPB) dengan usia 17-20 tahun tercatat 65.699 orang, usia 21-30 tahun ada 224.765 orang dan usia 31-40 tahun sebanyak 200.618 orang.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan upaya sosialisasi dan edukasi kepemiluan kepada pemilih milenial guna mendorong menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu serentak nanti.

"Generasi ini mampu beradaptasi lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Perkembangan teknologi informasi sudah mendisrupsi dunia dan masuk kedalam kehidupan kita," katanya.

"Tentu ini akan mewarnai dan membuat Pemilu dan Pilkada kita lebih berbeda dari sebelumnya," papar anggota Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Makassar ini menambahkan.
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022