Padang (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Sumatera Barat mengerahkan 400 personel untuk mengamankan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV yang akan dipusatkan di Kota Padang pada 7-10 Agustus 2022.

"Kegiatan pengamanan tersebut dilaksanakan mulai dari kedatangan para peserta di Bandara Internasional Minangkabau hingga menuju hotel tempat para peserta menginap," kata dia

Ia menjelaskan pengamanan akan dilaksanakan sejumlah agenda yang dilaksanakan di berbagai lokasi di daerah setempat seperti kegiatan bersih-bersih pantai, goes sepeda santai, marandang hingga pawai budaya nusantara dan lainnya.

"Kita akan bekerja sama dengan instansi sampingan TNI, Polri dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya demi keamanan jalannya kegiatan," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Padang memastikan kesiapan sebagai tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang akan digelar pada 7-10 Agustus 2022.

"Kami berkomitmen menyiapkan acara ini lebih meriah dan menyambut kehadiran 97 wali kota dari seluruh Indonesia," kata Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Menurut dia berbagai persiapan sudah dilakukan mulai dari sekarang termasuk menyediakan penginapan bagi 4.000 tamu yang akan tiba di Padang.

"Kami akan memberikan yang terbaik sebagai penyelenggara dengan sejumlah kegiatan," kata dia.

Ia merinci kegiatan akan diawali dengan pelaksanaan sambutan makan malam pada 7 Agustus 2022 bertepatan dengan HUT Kota Padang ke-353.

Kemudian keesokan harinya akan dilaksanakan agenda Rakernas diikuti oleh 98 wali kota di seluruh Indonesia.

Selain itu akan digelar pagelaran seni dan pameran promosi kota se-Indonesia.

Tak lupa akan ada tur kota, peresmian tugu Apeksi di kantor Balai Kota Padang dan juga kegiatan bersepeda bersama.

"Kami juga merancang pawai budaya yang akan digelar di Pantai Padang hingga lomba memasak rendang antar wali kota," katanya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022