Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting melengkapi khazanah berita ekonomi LKBN Antara pada Jumat (29/7), mulai dari penggunaan kendaraan dinas bertenaga listrik di lingkungan pemerintah dimulai dari para menteri, hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau implementasi kota baru dan kota cerdas (Smart City) di Korea Selatan yang dapat diadaptasi di IKN Nusantara.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:


1. KSP sebut percepat gunakan mobil listrik dimulai para menteri

Kantor Staf Presiden RI menyatakan percepatan penggunaan kendaraan dinas bertenaga listrik di lingkungan pemerintah dimulai dari para menteri, kemudian secara bertahap instansi pemerintah, TNI dan Polri.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan sudah membuat peta jalan transisi penggunaan mobil konvensional ke mobil listrik secara bertahap.

"Dimulai dari menteri. Kemenhub sudah membuat contoh 'pilot project', sementara ini masih rental. Bagaimana transisi penggunaan mobil konvensional ke mobil listrik bertahap 'by year' ditujukan pada instansi pemerintah, TNI, Polri," kata Moeldoko saat ditemui di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya


2. BNI cetak laba bersih Rp8,8 triliun di semester I-2022

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI mencetak laba bersih senilai Rp8,8 triliun di semester I-2022 atau naik 75,1 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, menyampaikan perseroan mencatat pemulihan ekonomi terjadi dengan sangat baik pada pertengahan tahun ini. Geliat usaha serta konsumsi masyarakat yang semakin kuat mendorong kinerja BNI sebagai fungsi intermediator.

Baca selengkapnya


3. Mardani Maming tersangka, HIPMI pastikan organisasi tetap berjalan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) memastikan seluruh program-program kerja organisasi tetap berjalan di tengah proses hukum yang sedang dijalani oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Mardani H. Maming yang ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mardani H. Maming ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi terkait izin usaha pertambangan (IUP) saat ia menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu.

"Ketum Mardani H. Maming telah menunjuk Plt Ketua Umum BPP HIPMI yaitu saudara Eka Sastra yang merupakan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan (OKK), agar beliau dapat berkonsentrasi dengan kasus yang dihadapi," kata Sekretaris Jenderal BPP HIPMI Bagas Adhadirgha dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya


4. BI catat terdapat modal asing Rp4,60 triliun masuk RI dalam sepekan​​​​​​​

Bank Indonesia (BI) melaporkan terdapat aliran modal asing masuk senilai Rp4,60 triliun di pasar keuangan domestik Indonesia selama satu pekan ini, tepatnya pada 25-28 Juli 2022.

Dana tersebut masuk ke pasar keuangan RI melalui pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp3,28 triliun dan melalui pasar saham domestik senilai Rp1,32 triliun. "Sejak awal tahun sampai 28 Juli 2022, terdapat dana keluar senilai Rp138,95 triliun dari pasar SBN Rai dan terdapat dana masuk senilai Rp57,85 triliun di pasar saham," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Jumat.​​​​​​​BI catat terdapat modal asing Rp4,60 triliun masuk RI dalam sepekan​​​​​​​

Baca selengkapnya


5. Menteri PUPR tinjau kota cerdas di Korsel untuk diterapkan di IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau implementasi kota baru dan kota cerdas (Smart City) di Korea Selatan yang dapat menjadi contoh bagus untuk diterapkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Peninjauan itu dilakukan Menteri Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke negeri ginseng itu pada Kamis (28/7), sebagaimana keterangan tertulis Kementerian PUPR yang diterima di Jakarta, Jumat.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Kota Khusus Otonom Sejong dan secara de facto merupakan Ibu Kota Administratif Korsel. Kota Sejong dibangun dengan filosofi desentralisasi dan pemerataan pertumbuhan.

Baca selengkapnya

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022