penumpang cukup tap out di lantai 1 Stasiun BNI City dan melanjutkan menggunakan commuterline pada peron yang sama
Jakarta (ANTARA) - Stasiun BNI City yang sebelumnya hanya melayani naik dan turun penumpang kereta Bandara (KA Bandara), kini tengah melakukan uji coba layanan penumpang KRL tujuan Cikarang/Bekasi - Kampung Bandan.

Direktur Utama KAI Bandara Anggoro Triwibowo mengatakan dengan dibukanya Stasiun BNI City untuk penumpang KRL diharapkan menjadi alternatif bagi penumpang KA Bandara yang akan melakukan perpindahan antarmoda di stasiun tersebut.

"Sebelumnya penumpang KA Bandara yang turun di Stasiun BNI City harus berjalan 200 - 300 meter untuk melanjutkan perjalanan menggunakan commuterline di Stasiun Sudirman. Kini penumpang cukup tap out di lantai 1 Stasiun BNI City dan melanjutkan menggunakan commuterline pada peron yang sama," kata Anggoro dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Dalam uji coba pengoperasian Stasiun BNI City ini, pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet tetap beroperasi normal.

Untuk memudahkan perpindahan antarmoda bagi penumpang KRL yang akan menggunakan KA Bandara, terdapat juga program tap n go.

Penumpang KRL cukup tap kartu uang elektronik maupun kartu prepaid perbankan di gerbang KA Bandara dengan minimal saldo Rp70.000 (harga relasi terjauh).

Untuk fasilitas pelayanan perjalanan KRL, KAI Commuter telah menyiapkan loket, tujuh buah gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna, tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun.

Sementara itu, fasilitas pelayanan penumpang KA Bandara tetap sama, yaitu dapat melakukan pembelian tiket di Vending Machine yang terletak di lantai 1 Stasiun BNI City maupun melalui aplikasi dan situs resmi.

Fasilitas penunjang lainnya yang tersedia di stasiun ini, yaitu lift dan eskalator untuk pengguna prioritas, mushola, toilet, ruang menyusui, tempat parkir kendaraan bermotor, dan area komersil.

Stasiun BNI City yang termasuk dalam stasiun besar tipe C ini juga terhubung langsung dengan Stasiun Sudirman dan Jalan Protokol Jenderal Sudirman. Stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun MRT dan Halte TransJakarta.

Stasiun BNI City diprediksi melayani rata-rata pengguna KRL pada hari kerja sebanyak 9.320 orang per hari dan 3.803 orang pengguna di akhir pekan.

KAI Commuter juga memprediksi volume pengguna yang akan beralih ke Stasiun BNI City dari Stasiun Sudirman sebanyak 40 persen dan 30 persen pengguna dari Stasiun Karet.
Baca juga: KAI Commuter bantah rencana penutupan operasional Stasiun Karet
Baca juga: Stasiun BNI City siap digunakan untuk naik turun penumpang KRL
Baca juga: Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta didiskon hingga 57 persen


 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022