Jayapura (ANTARA) - Sekitar 100 rumah warga di sekitar Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, terendam banjir akibat meluapnya beberapa anak sungai setelah hujan deras yang mengguyur wilayah itu.
 
Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram kepada Antara, Sabtu, mengatakan rumah-rumah warga yang terendam banjir itu terletak di beberapa lokasi seperti di Seredala, pemukiman bawah, Jalan Sosial, Jalan SMK dan Jalan Telkomsel.
 
Memang sudah sepekan hujan terus mengguyur Dekai dan sekitarnya menyebabkan kali atau sungai kecil meluap hingga mengenangi pemukiman warga.
 
Tidak ada korban jiwa, namun di beberapa lokasi, genangan airnya cukup tinggi sehingga warga mengungsi ke sanak keluarga yang tidak terdampak.

Baca juga: Pemkot Jayapura imbau warga lakukan mitigasi karena hujan masih tinggi

Baca juga: Wondama harap dukungan dana untuk rehabilitasi pascabanjir bandang
 
Pemda Yahukimo sudah membentuk tim untuk mendata terkait jumlah dan kerugian korban serta memberi makanan matang serta bahan makanan.
 
Kali atau sungai kecil yang meluap dan menyebabkan banjir yaitu Kali Who, Kali PJPR dan Kali Bonto.
 
Untuk menghindari terulangnya banjir, Pemda Yahukimo akan melakukan penertiban terhadap rumah warga yang ada di pinggir serta membersihkan kali dari sampah dan material lainnya, kata Wabup Esau Miram.*
   

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022