Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti menyebut bahwa persiapan semua tim peserta di Piala AFF U-16 2022 terganggu pandemi COVID-19.

Menurut Bima, itulah yang membuat, secara umum, setiap tim Piala AFF U-16 2022 memiliki kualitas dan modal yang tidak jauh berbeda.

"Saya pikir semua negara mengalami hal yang sama. Kami sebagai pelatih sempat terganggu karena masalah COVID-19 ini. Pandemi membuat 'roadmap' berubah, begitu pula persiapan," ujar juru taktik berusia 46 tahun itu dalam konferensi pers Grup A Piala AFF U-16 2022 di Sleman, Yogyakarta, Sabtu.

Situasi tersebut yang membuat rasa hormat Bima kepada tim-tim pesaing di turnamen semakin besar.

Pemain timnas Indonesia era 1990-an itu pun menyebut bahwa semua tim yang tampil di Piala AFF U-16 2022, khususnya di Grup A, merupakan skuad yang berkualitas apik.

"Semua tim di Grup A tim yang bagus," tutur Bima.

Baca juga: Bima Sakti tetapkan 28 pemain Indonesia untuk Piala AFF U-16 2022

Terkait pandemi COVID-19, pelatih timnas U-16 Singapura Angel Toledano dan juru taktik Filipina Christopher Pedimonte mengamini apa yang disampaikan Bima Sakti.

Pandemi, kata Angel dan Christopher, mengganggu persiapan tim mereka ke Piala AFF U-16 2022 lantaran selama dua tahun para pemain tidak bisa melakukan aktivitas sepak bola lantaran negara menerapkan pembatasan aktivitas.

"Meski begitu, kami akan melakukan yang terbaik di turnamen," kata Angel Toledano.

Piala AFF U-16 2022 diikuti oleh 12 negara yang dibagi kedalam tiga grup. Grup A dihuni Indonesia, Vietnam, Filipina dan Singapura. Grup B beranggotakan Thailand, Timor Leste, Laos dan Brunei Darussalam, sementara di Grup C ada Malaysia, Australia, Myanmar dan Kamboja.

Untuk lolos ke semifinal, tim peserta harus menjadi juara grup atau menduduki peringkat kedua terbaik fase grup.

Untuk Indonesia, pertandingan pertama skuad "Garuda Asia" di turnamen tersebut adalah melawan Filipina pada Sabtu (31/7), kemudian menghadapi Singapura pada 3 Agustus, lalu menjajal kekuatan Vietnam pada 6 Agustus. Semua laga skuad "Garuda Asia" di Piala AFF U-16 2022 dimulai pukul 20.00 WIB dan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Timnas U-16 Indonesia sendiri berstatus juara Piala AFF U-16 pada tahun 2018. Thailand dan Vietnam merupakan negara tersukses di kompetisi tersebut dengan masing-masing mengantongi tiga gelar juara.

Baca juga: Bima Sakti: Timnas U-16 tak harus ikuti taktik Shin Tae-yong
Baca juga: PSSI minta semua negara peserta Piala AFF U-16 ikuti aturan Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022