tanggal 1 Muharam menjadi momentum untuk menghijaukan lingkungan
Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menanam pohon di arena Sirkuit Motorcross Grand Prix (MXGP) Samota, Kabupaten Sumbawa dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah.

"Merayakan tahun baru dengan menanam pohon di Sirkuit MXGP Samota," kata Zulkieflimansyah di dampingi Ketua TP PKK NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Sabtu.

Ia mengatakan, penanaman pohon tersebut dilakukan guna menghijaukan lokasi tersebut, sehingga pada saat penyelenggaraan MXGP di Samota 2023, lokasi ini bisa lebih teduh dan hijau dengan adanya pohon yang rindang.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) NTB, Julmansyah mengatakan kegiatan penanaman pohon ini mengusung tema "Muharam Menanam".

"Tanggal 1 Muharam menjadi momentum untuk menghijaukan lingkungan bersama MUI, khususnya arena MXGP Samota," ujarnya.

Baca juga: Pegadaian gelar khitanan massal di Tahun Baru Islam
Baca juga: Kirab "tebokan" di Kudus warnai peringatan Tahun Baru Islam

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat menjadi pengungkit semangat dan kesadaran masyarakat. Penghijauan arena MXGP Samota akan terus dilakukan dengan target Juni 2023, sehingga hasil penghijauan menjadi peneduh di arena MXGP.

Tanaman yang digunakan Ketapang Kencana dengan ukuran minimal 1,5 meter, tanaman ini tahan panas dan dapat menjadi perindang disebabkan memiliki tajuk payung.

Selain itu, tambahnya kegiatan penanaman pohon ini bagian untuk mengkampanyekan program NTB HIJAU yang menjadi bagian dari Misi NTB Gemilang. Kegiatan itu melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Harapannya MUI di kabupaten/kota yang lain turun ambil bagian juga. Termasuk dengan membangun diskusi dengan KPH dan Dinas LH kabupaten/kota se-NTB, untuk ikut menghijaukan alam NTB," katanya.

Baca juga: Kemenag ajak umat Islam maknai Tahun Baru Hijriah bawa kemajuan bangsa

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022