Solo (ANTARA) - Presiden ASEAN Para Sports Federation (APSF) Osoth Bhavilai menyatakan ajang olahraga difabel Asia Tenggara ke-11 (APG) tahun 2022 di Solo menjadi momentum untuk memperbaharui solidaritas dan persahabatan.

"Selama empat tahun, keluarga ASEAN Paralympic sudah menunggu momen ini dan sekarang tiba waktunya," kata Osoth Bhavilai melalui tayangan video yang ditampilkan pada pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu.

Dia menuturkan kesempatan pada ajang olahraga dua tahun sekali itu di Solo akan memperkuat upaya 11 negara di ASEAN untuk berjuang bersama mencapai kesetaraan.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin buka ASEAN Para Games 2022

Secara khusus, ia menyampaikan terima masih dan syukurnya terhadap komitmen pemerintah Indonesia selaku tuan rumah sehingga ASEAN Para Games ke-11 itu dapat dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan APG ke-11 di Solo diikuti 1.248 atlet dan 534 official, yang bertanding dalam 924 event olahraga yang memperebutkan 453 medali.

"Mari perkuat mereka dengan dukungan penuh untuk melanjutkan capaian tertinggi dalam hidup dan olahraga. Saya ingin mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas komitmen menjadi tuan rumah APG ke-11 di Solo," ucapnya.

Sebelumnya, ASEAN Para Games (APG) pada 2020 batal diadakan di Filipina karena pandemi COVID-19.

Sedangkan pada APG 2022 sediakan dilaksanakan di Vietnam namun negara itu mundur hingga Indonesia siap menjadi tuan rumah yang diadakan di Solo.

Pada APG 2011, Solo juga pernah menjadi tuan rumah.

Baca juga: Hanik Puji Astuti nyalakan api Kaldron ASEAN Para Games 2022

Solo menjadi kota penyelenggara setelah mendapat persetujuan dari ASEAN Para Sports Federation (APSF) karena dinilai strategis dan memiliki akses yang mudah dijangkau dengan ketersedian fasilitas yang memadai.

ASEAN Para Games 2022 diikuti atlet dari 11 negara di Asia Tenggara dan Indonesia selaku tuan rumah menurunkan 323 atlet.

Mereka akan bersaing dalam 14 cabang olahraga yakni, blind judo, para-atletik, para-renang, para-tenis meja, para-bulu tangkis, para-catur, bola voli duduk, CP Football, para-angkat berat, para-panahan, boccia, goalball, bola basket kursi roda, dan tenis kursi roda.

Pada malam pembukaan APG 2022, dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta sejumlah pejabat negara seperti Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Baca juga: Penonton bergemuruh sambut defile Kontingen APG Indonesia

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022