Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara acara pemilihan Abang None Jakarta Selatan mengumumkan Edgar Tristan Saleh-Lulu Thariqa Al Afifah sebagai Abang dan None 2022 dalam "Malam Final Pemilihan Abang None Jakarta Selatan 2022" di Jakarta, Sabtu malam.

Tak lama sebelum nama diumumkan, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin beserta istri menggandeng pasangan Abang dan None 2022 untuk perwakilan daerah tersebut di atas panggung, lalu memberikan ucapan selamat.

Baca juga: 15 finalis Abang None 2020 Jakarta Selatan dikukuhkan saat pandemi

Sementara itu, Wakil 1 Abang None Jakarta Selatan 2022 pasangan Munawar Aidil-Fathya Ineza dan Wakil 2 Abang None Jakarta Selatan pasangan Firman dan Salwa Rafila.

Tiga pasang Abang None Jakarta Selatan yang terpilih sebagai pemenang ini selanjutnya berlaga di kompetisi Pemilihan Abang None Jakarta 2022.

Sebelum pemenang diumumkan, ke-30 finalis atau 15 pasang finalis Abang dan None melalui tahap tanya jawab dari pembawa acara. Pertanyaan yang ditanyakan meliputi isu kesehatan mental hingga pandemi COVID-19.

Selanjutnya, tujuh juri memberikan penilaian atas jawaban para finalis. Ketujuh juri ini yakni budayawan Betawi Yahya Andi Saputra (juri sejarah dan kebudayaan Betawi), Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Dadang Solihin (juri pariwisata dan ekonomi kreatif), Adi Pratama (juri psikologi) dan Purba Hutapea (juri birokrasi pemerintahan, kebijakan publik dan protokoler).

Juri lainnya, Tunggul Siahaan (juri marketing, public relation dan personal branding), Rahma Amalia (juri bahasa asing dan public speaking), Vina A. Muliana (juri etika, perilaku dan penampilan).

Baca juga: Pemkot Jakbar minta Abang None berperan pulihkan sektor pariwisata

Pemilihan Abang None Jakarta Selatan 2022 diikuti 269 peserta dan setelah melalui seleksi, maka terpilih 30 orang atau 15 pasang Abang dan None sebagai finalis.

Dari 30 peserta yang terdiri dari 15 Abang dan 15 None ini kemudian dipilih 3 pasang ke tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya, melalui sebuah kesempatan terpisah, Kepala Seksi Pemasaran dan Atraksi Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Chryshandyni Suri mengatakan, Abang dan None 2022 mengemban tugas penting sebagai duta pariwisata, ekonomi kreatif dan kebudayaan Betawi.

Mereka diharapkan dapat lebih mengenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif baik di Jakarta Selatan maupun DKI Jakarta

Tak hanya itu, Abang dan None juga berperan menjelaskan pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur serta segala hal terkait DKI Jakarta karena merupakan kota global.

Baca juga: Sudin Parekraf Jaksel sebut tiga peran penting Abang-None

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022