Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven meraih trofi Johan Crujff Schaal seusai menundukkan Ajax dengan skor 5-3 dalam laga penanda musim baru kompetisi domestik Belanda itu di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Guus Til mengemas trigol dalam kemenangan PSV yang juga diwarnai sumbangan gol Cody Gakpo dan Xavi Simons itu.

Sedangkan Ajax, yang harus menuntaskan permainan dengan 10 pemain karena kartu merah Calvin Bassey, membalas melalui Steven Bergwijn, Antony Matheus, dan Mohammed Kudus.

Kemenangan itu memantapkan kedudukan PSV sebagai pengoleksi terbanyak Johan Cruijff Schaal dengan 13 buah, demikian catatan situs resmi KNVB.

Baca juga: Tumbangkan Ajax 2-1, PSV Eindhoven juara Piala Belanda

Kedua tim sama-sama memulai musim baru bersama pelatih anyar, Ruud van Nistelrooy di PSV dan Alfred Schreuder di Ajax.

Ajax membuka keunggulan lebih dulu melalui sepakan kaki kanan Bergwijn memanfaatkan umpan Owen Wijndal pada menit ke-15.

Ajax memiliki setidaknya tiga peluang melalui Bergwijn, Antony, dan Kenneth Taylor untuk menambah keunggulan tapi kiper Walter Benitez berhasil mencegah gol tambahan bagi lawannya.

PSV lantas berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-32 ketika Til mencetak gol pertamanya dengan menanduk umpan silang Gakpo demi menyarangkan bola ke pojok kiri gawang Ajax.

Waktu tambahan babak pertama berlangsung hingga lima menit lamanya dan pada menit kedua Til mencetak gol keduanya dengan sundulan memanfaatkan umpan silang yang sekali lagi datang dari Gakpo.

Sembilan menit memasuki babak kedua Ajax membuat kedudukan kembali imbang ketika Wijndal mencatatkan assist keduanya setelah umpannya berhasil diselesaikan sempurna oleh Antony.

Baca juga: PSV Eindhoven ingin pulangkan Luuk de Jong

Pada menit ke-65, PSV merestorasi keunggulan mereka ketika Gakpo dengan cermat menyambar bola muntah hasil tembakan jarak jauh Armando Obispo yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Jay Gorter.

Empat menit kemudian, Til melengkapi catatan trigol dengan sebuah sebuah tembakan dari luar kotak penalti yang cukup untuk memperdaya Gorter dan menambah keunggulan PSV 4-2 atas Ajax.

Ajax sempat memperkecil ketertinggalan lagi ketika Kudus memanfaatkan situasi tendangan bebas pada menit ke-72, tapi enam menit berselang mereka dipaksa menuntaskan laga hanya dengan 10 pemain lantaran wasit mengganjar Bassey dengan kartu merah.

Semenit memasuki waktu tambahan, PSV melengkapi kemenangan mereka dengan gol Simons yang memanfaatkan umpan terobosan Joey Veerman.

Kedua tim akan melakoni pertandingan pekan pembuka Liga Belanda pada Sabtu (6/8), saat Ajax bertandang ke markas Fortuna Sittard dan PSV menjamu tim promosi FC Emmen.

Baca juga: Nicolas Tagliafico gabung Lyon dari Ajax

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022