Jakarta (ANTARA) - Bisnis hijab sport Noore Sport adalah salah satu bisnis yang terdampak pandemi, namun mereka mengatasinya dengan fokus pada penjualan daring.

“Mau tidak mau kami harus banting setir yang tadinya mengandalkan penjualan offline menjadi online”, kata Adidharma Sudrajat, pendiri Noore Sport, dalam keterangan resmi Midtrans, Minggu.

Noore Sport yang tadinya memiliki dua belas toko luring mengubah strateginya menjadi satu toko daring. Semua promosi dan penjualan difokuskan pada kanal-kanal daring seperti situs resmi dan lokapasar.

Baca juga: Lima bahan kerudung yang nyaman digunakan di negara tropis

Efisiensi operasional selama pandemi terbantu dengan menggandeng partner untuk layanan payment gateway yang memudahkan pelanggan membayar secara daring. Dukungan pembayaran ini mendorong pendapatan Noore Sport pasca pandemi meningkat 14,55 persen secara year-on-year pada Juni 2022.

“Bahkan profit Noore Sport meningkat sekitar 18 persen pasca pandemi karena adanya efisiensi yang signifikan,” tambah Adi.

Efisiensi bisnis dengan teknologi pembayaran ini memudahkan Noore Sport mendapatkan pendanaan eksternal dari salah satu perusahaan rintisan di Indonesia pada tahun 2021, karena dinilai telah menjadi market leader pada kategori modest activewear untuk direct-to-consumer brand di tanah air.

Jenama ini dimulai ketika Adi melihat adanya kebutuhan spesifik dari konsumen perempuan muslim dalam berolahraga. Adi pun memutuskan untuk mulai melakukan riset dan pengembangan produk Sport Hijab pada tahun 2015. Setelah berhasil menerima sambutan hangat dari pasar, Noore Sport akhirnya resmi didirikan Adi pada tahun 2017.

Activewear berkualitas yang dihadirkan oleh Noore Sport dikembangkan berdasarkan prinsip 4K, yaitu kesopanan, keindahan, kenyamanan dan kesehatan. Noore Sport melakukan focus group discussion dengan berbagai pemangku kepentingan seperti atlet nasional, desainer, dokter bahkan tokoh agama untuk memastikan prinsip 4K tersebut terimplementasi dengan baik pada setiap produknya," tutur Adi.

Saat ini produk-produk dari Noore Sport telah menggunakan teknologi UV Guard, Air Tech, Nano Guard & Termal Tech untuk memastikan setiap produknya menghadirkan performa maksimal bagi pelanggan.

Pada tahun 2018 Noore Sport telah memiliki dua belas toko yang tersebar di seluruh Indonesia dan juga satu distributor di Malaysia. Selain itu Noore Sport juga menjadi official sport hijab bagi tim nasional Indonesia di ajang Asian Games 2018 untuk cabang olahraga taekwondo, pencak silat, skateboard, bola tangan dan panjat tebing.

Baca juga: Koleksi fashion "Wonderland" rayakan satu dekade Luna Hijab

Baca juga: Tiga tips memilih kerudung untuk olahraga

Baca juga: PUMA rilis kerudung olahraga untuk para "hijaber"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022