Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Jamaah haji Kelompok Terbang (kloter) 1 asal Provinsi Nusa Tenggara Barat tiba di tanah air melalui debarkasi Bandara Internasional Lombok dari Mekkah, Arab Saudi.

"Hari ini, sebanyak 389 insan haji asal Kota Mataram tiba di Bandara Lombok," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Haryanto di Praya, Senin.

Kelompok terbang pertama jamaah haji asal NTB tiba kembali di Bandara Lombok, menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA5201 registrasi PK-GII jenis Boeing 777-300ER, pukul 07.59 Wita. Selanjutnya, mereka dibawa menggunakan 9 bus menuju Asrama Haji di Mataram.

"Jamaah haji asal NTB mulai dipulangkan tanggal 1-8 Agustus 2022 mendatang secara bertahap," katanya.

Baca juga: Jamaah haji NTB tiba di Tanah Air mulai 1 Agustus 2022

Baca juga: Semua jamaah calon haji asal NTB telah tiba di Mekkah


Ia mengatakan, untuk jamaah haji Kloter 2 dipulangkan tanggal 3 Agustus dan tiba 01.05 Wita. Jamaah haji Kloter 3 dipulangkan tanggal 4 Agustus dan tiba pukul 09.10 Wita.

Selanjutnya untuk jamaah haji Kloter 4 dipulangkan tanggal 5 Agustus dan tiba pukul 15.40 Wita, serta untuk jamaah haji Kloter 5 dipulangkan tanggal 6 Agustus dan tiba pukul 23.05 Wita. Sedangkan untuk jamaah haji Kloter 6 atau campuran dipulangkan tanggal 8 Agustus dan tiba di Bandara Lombok pukul 08.40 Wita.

"Para jamaah haji asal NTB tersebut dipulangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Mekkah, Arab Saudi menuju embarkasi Bandara Lombok. Kecuali kloter campuran menuju embarkasi Jakarta, baru diterbangkan ke Lombok," katanya.

Ia mengatakan, pada prinsipnya Bandara Lombok telah siap untuk melayani kedatangan para jamaah haji seperti halnya saat keberangkatan yang lalu. Di mana fasilitas infrastruktur bandara maupun SDM siap melayani proses kepulangan jamaah haji dari tanah suci Mekkah.

Selain itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menunjang kelancaran operasional saat kepulangan jamaah haji.*

Baca juga: 1.959 calon haji asal NTB tiba di Tanah Suci

Baca juga: Kloter 4 jamah calon haji asal NTB diberangkatkan menuju Tanah Suci

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022