Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan menjaga kesehatan menjadi lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr. Ns. Umi Solikhah, M.Kep mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan menyusul peningkatan kasus COVID-19 di tanah air.

"Masyarakat perlu tetap disiplin gunakan masker guna mencegah penyebaran COVID-19," katanya ketika dihubungi dari Jakarta, Senin.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UMP itu menambahkan bahwa selain masker, masyarakat juga perlu tetap memperkuat penerapan protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan menjaga kesehatan menjadi lebih baik. Ketika masyarakat telah terbiasa menerapkan protokol kesehatan dengan benar, seharusnya dipertahankan dan ditingkatkan. Mencegah lebih baik daripada mengobati," katanya.

Menurut dia penerapan protokol kesehatan serta perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting dilakukan tengah kemunculan subvarian baru Omicron seperti BA.4, BA.5 dan BA.2.75.

"Penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya dapat memberikan perlindungan dalam rangka menghindari risiko penularan COVID1-19 mengingat saat ini terjadi peningkatan jumlah kasus COVID-19 akibat subvarian baru Omicron," katanya.

Baca juga: Wisma Atlet catat 19 pasien Omicron subvarian BA4 dan BA5

Baca juga: Akademisi: Masyarakat perlu terapkan prokes secara konsisten


Selain menerapkan protokol kesehatan, dia juga mengingatkan masyarakat untuk segera melengkapi diri dengan vaksinasi mulai dosis pertama hingga dosis penguat atau booster.

"Dengan vaksinasi hingga dosis penguat diharapkan dapat memberikan perlindungan yang lebih optimal lagi untuk melindungi diri dari risiko COVID-19," katanya.

Untuk itu dia mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif melakukan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi sebagai langkah pencegahan guna mempercepat penanggulangan COVID-19 di Indonesia.

Sebelumnya, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengajak masyarakat untuk berperan aktif mencegah lonjakan kasus COVID-19 dengan cara memakai masker dan melengkapi diri dengan vaksinasi hingga dosis penguat atau booster.

Prof. Wiku Adisasmito menegaskan masyarakat perlu konsisten menerapkan protokol kesehatan mengingat pada saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Tidak bosan saya mengingatkan bahwa kita belum sepenuhnya terlepas dari pandemi COVID-19. Dinamika kenaikan, maupun penurunan baik angka kasus positif, kesembuhan maupun kematian akan terus bergulir jika kita semua tidak konsisten menjalankan upaya pencegahan baik dalam bentuk prokes maupun vaksinasi," katanya.

Baca juga: Prokes tetap ampuh cegah omicron BA.4 dan BA.5

Baca juga: Menkes: 81 persen COVID-19 di Indonesia adalah subvarian BA.4 dan BA.5


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022