Jakarta (ANTARA) - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) meraih tiga penghargaan "Human Capital on Resilience Award 2022" berkat pengembangan strategis Sumber Daya Manusia (SDM). 

"Apresiasi tertinggi kami berikan kepada seluruh insan Taspen atas dukungan penuh terhadap transformasi digital dalam pengelolaan SDM melalui Human Capital Information System (HCIS)," ujar Direktur Utama Taspen Antonius Nicholas Stephanus (ANS) Kosasih  dalam pernyataan di Gedung Taspen, Jakarta, Senin.

Sebanyak tiga penghargaan itu adalah The Best Excellence in Women Empowerment Strategy, The Best Human Resource Support on Business Transformation, dan The Best CEO Focus on Human Capital.

Kosasih menjelaskan berkat sistem terintegrasi yang berfungsi menunjang dan mengukur produktivitas kinerja SDM secara real, valid, dan reliable, taspen kini memiliki nilai dan daya saing unggul dalam menghadapi tantangan.

Baca juga: TASPEN gelar "Compliance Days" tingkatkan budaya antikorupsi

HCIS merupakan transformasi digital yang memiliki beberapa fitur antara lain Talent Management System (TMS) yang menghadirkan data informasi karyawan secara lengkap dan terstruktur, serta mengelola talenta-talenta; Performance Management System  (PMS) yang berfungsi mengelola kinerja karyawan berdasarkan siklus sistem manajemen; dan Multirater yang merupakan bagian dari pengelolaan kinerja yang mengukur implementasi AKHLAK pada karyawan.

Selain itu ada fitur Career Management yang berkaitan dengan proses pengelolaan karir karyawan, serta Collaboration and Communication dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel pintar dengan model employee self service untuk memudahkan karyawan dalam mengelola aktivitas secara mobile.

Baca juga: Taspen tandatangani kerja sama untuk permudah ASN beli emas

Ketua Penyelenggara Human Capital on Resilience Award 2022 Maya Yulianti mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan human capital di era kenormalan baru.

Pihaknya melihat dari sisi strategis perusahaan dalam mengembangkan SDM menuju ketahanan ekonomi bisnis, percepatan transformasi human capital melalui penguatan budaya korporat dan leadership, dan inovasi dalam rangka mendesain ulang SDM di kondisi yang menantang dan penuh ketidakpastian.

"Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi kami sekaligus penghargaan kepada perusahaan-perusahaan atas komitmen dan implementasi kebijakan, program, maupun strategi human capital yang sistematis dan berdaya guna," kata Maya.

Baca juga: Permudah layanan, TASPEN kerja sama dengan HIMBARA dan TAPERA​​​​​​​

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022