Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dan kelamin dr.Corry Khathreen, SpKK menekankan pentingnya merawat area kewanitaan dengan menjaga kebersihan, termasuk dengan pembersih dengan bahan alami.

dr. Corry, dalam keterangan pers Mayium yang diterima pada Senin, menjelaskan bahwa menjaga kebersihan vagina merupakan bagian dari menjaga kebersihan tubuh.

Baca juga: Mengenal kutil kelamin, penyebab dan pencegahannya

Selain menegah infeksi, juga mencegah gangguan kesehatan lain di sekitar organ intim.

"Ada beberapa cara menjaga area kewanitaan, salah satunya membasuh area kewanitaan dengan tepat, yaitu dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus," kata dr. Corry.

"Lalu, gunakan pakaian dalam yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu ketat untuk menghindari lembab berlebih. Selain itu, bisa gunakan pembersih kewanitaan yang aman untuk area luar vagina (vulva)," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan merawat area kewanitaan sangat penting bagi semua wanita. Tanpa disadari, keringat aktif dan menstruasi dapat menimbulkan bau tak sedap pada area kewanitaan. Bahkan, tak jarang wanita mengalami keputihan karena kurang menjaga kebersihan vagina.

"Walaupun sebenarnya secara alami vagina dapat membersihkan dirinya sendiri, terkadang diperlukan perawatan ekstra," kata dia.

Di sisi lain, Mayium Feminine Wash menghadirkan pembersih untuk membantu mengatasi keputihan, gatal karena iritasi, dan bau tak sedap pada area kewanitaan.

Baca juga: Ketahui gejala infeksi jamur pada "miss v"
Salah satu varian produk Mayium Feminine Wash. (ANTARA/HO)

Mengandung bahan aktif yang natural seperti daun sirih, kayu rapet, dan manjakani, Mayium Feminine Wash sangat aman digunakan.

"Mayium Feminine Wash dapat digunakan oleh wanita dari usia 15 tahun, serta aman bagi ibu hamil dan menyusui. Berbentuk foam, Mayium jauh lebih praktis dan hemat karena kami tahu bagaimana rasanya menggunakan feminine wash cair yang sudah beredar," kata Founder Mayium Agustina.

Baca juga: Delapan isu kesehatan yang harus diperhatikan wanita

Daun sirih memiliki sifat anti jamur yang dapat mengurangi gatal pada organ intim wanita, dengan manjakani dapat mengurangi keputihan dan bau tak sedap. Selain itu, kayu rapet juga dipercaya dapat memberikan efek keset pada vagina.

Tak hanya berbahan alami dan dibuat dengan pH-balance 4.5 (pH alami wanita), Mayium Feminine Wash juga non-SLS, non-paraben, dan non-fragrance.

"Kami berkomitmen menyediakan produk perawatan area intim yang aman dengan kandungan bahan natural dan nyaman bagi semua wanita. Kami ingin membawa manfaat Mayium Feminine Wash untuk dirasakan oleh satu juta wanita di Indonesia," ujar Agustina.

Saat ini Mayium telah memiliki empat produk yakni Mayium Feminine Wash, Mayium Underarm Skin Lightening Cream, Mayium Skin Brightening Body Lotion, Mayium Fish Collagen Drink, dengan kisaran harga mulai dari Rp99.000 hingga Rp197.000.


Baca juga: Tips menjaga kesehatan organ kewanitaan

Baca juga: Sonia Wibisono luncurkan produk perawatan organ intim kewanitaan

Baca juga: Kiat agar miss V bersih menurut ahli kesehatan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022