Hanya tersisa 62 orang lagi jamaah haji kita di Arab Saudi, yaitu kloter enam. Insya Allah, Senin (1/8) malam akan tiba di Banda Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh menyebutkan sebanyak 1.956 jamaah haji asal provinsi paling barat Indonesia itu telah kembali ke Tanah Air, yang tergabung dalam lima kelompok terbang (kloter).

Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Debarkasi Aceh Tajri bin Yakop, Senin, di Banda Aceh mengatakan jamaah haji asal Aceh yang tersisa di Tanah Suci hanya kloter enam yakni sebanyak 62 orang.

"Hanya tersisa 62 orang lagi jamaah haji kita di Arab Saudi, yaitu kloter enam. Insya Allah, Senin (1/8) malam akan tiba di Banda Aceh," katanya.

Jamaah haji Aceh mulai kembali ke Tanah Air sejak (26/7) lalu yang dimulai dengan kloter pertama hingga kloter lima yang baru tiba pada Sabtu (30/7) sekitar pukul 21.09 WIB melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Para jamaah tersebut masing-masing terbagi dalam kloter pertama sebanyak 391 orang, kloter dua 391 orang, kloter tiga 392 orang, kloter empat 393 orang dan 389 orang jamaah kloter lima.

Pada musim haji tahun 2022 ini, ada empat jamaah asal Aceh yang meninggal dunia di Tanah Suci meliputi dua jamaah kloter satu asal Pidie Jaya bernama Muslim bin Abdul Wahab Salam (51) dan Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55).

“Dua jamaah kloter lima yakni Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64) asal Aceh Barat dan Intan Sani binti Abdullah (61) asal Aceh Barat Daya wafat di Mekkah,” katanya.

Ia menyebut warga provinsi berjulukan Serambi Mekkah yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini berjumlah 2.022 orang, termasuk petugas haji. Namun, yang kembali ke Tanah Air berjumlah 2.018 orang.

Seluruh jamaah yang telah tiba di Aceh sudah kembali ke kabupaten/kota masing-masing setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dan negatif hasil tes usap antigen untuk mendeteksi COVID-19.

"Sampai kloter lima ini semua jamaah negatif (antigen) dan informasi yang kita terima sudah kembali semua ke daerah," demikian Tajri bin Yakop .

Baca juga: Jamaah kloter dua tiba di Aceh, langsung dites swab antigen

Baca juga: Seluruh jamaah haji Aceh kloter satu dinyatakan negatif COVID-19

Baca juga: Seluruh jamaah haji dites usap COVID-19 setiba di Aceh

Baca juga: Jamaah haji asal Aceh meninggal dunia di Mekkah


Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022