kunjungan ini bertujuan untuk merealisasikan MoU yang sudah ada
Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) menjalin kerja sama dengan kampus terbuka yang juga menerapkan pendidikan jarak jauh asal Pakistan yakni Allama Iqbal Open University (AIOU).

“Ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman atau MoU yang sudah dilakukan pada 2019. Kunjungan ini bertujuan untuk merealisasikan MoU yang sudah ada, diantaranya pertukaran mahasiswa antara UT dan AIOU dan juga pertukaran staf antara kedua kampus,” ujar Rektor UT, Prof Ojat Darojat, di Tangerang Selatan, Banten, Senin.

Dia menjelaskan AIOU merupakan kampus yang juga menerapkan sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, dan memiliki 44 kampus di Pakistan. Kampus tersebut merupakan institusi pendidikan tinggi terbesar kedua di dunia dengan jumlah mahasiswa rata-rata sebanyak 1,2 juta per tahun.

“Kita perlu banyak belajar dengan AIOU bagaimana bisa mendapatkan mahasiswa yang begitu banyak dan bagaimana pengelolaannya,” terang dia.

Baca juga: Rektor UT jadi tamu kehormatan pada pertemuan umum CINVU
Baca juga: Rektor UT wisuda sebanyak 28 PMI di Hongkong

Dalam kesempatan tersebut, UT juga menawarkan program pendidikan bersama dengan AIOU. Dengan demikian bisa saling berbagi sumber daya manusia dan juga agar UT bisa menjadi kampus terbuka kelas dunia.

Vice Chancellor AIOU, Prof Dr Zia Ul Qayyum, mengatakan perlu adanya kolaborasi untuk meningkatkan pembelajaran dan juga riset yang nantinya akan berdampak pada pengalaman belajar yang baik.

“Kedua kampus ini akan saling berbagi pengalaman dan kami banyak belajar dari UT dengan kerangka jaminan kualitas pembelajaran yang bisa digunakan di Asia,” terang Zia.

Baca juga: 33 PMI di Singapura raih gelar sarjana
Baca juga: Mendikbudristek: UT jadi contoh dalam penerapan PJJ
Baca juga: Universitas Terbuka kukuhkan tiga guru besar baru

 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022