Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan kasus COVID-19 kembali melandai, karena kesadaran masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang meningkat.

"Dalam dua hari terakhir ini, Bangka Belitung tanpa penambahan kasus COVID-19," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan berdasarkan data kasus COVID-19 harian terbaru, tujuh kabupaten/kota yaitu Pangkalpinang, Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur tanpa penambahan kasus.

"Hari ini pasien sembuh dari COVID-19 bertambah dua, meninggal akibat virus corona ini nihil," ujarnya.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Babel Juli 2022 bertambah 178 orang

Baca juga: Satgas sebut pasien COVID-19 di Babel 58 orang


Penambahan dua pasien sembuh dari COVID-19 itu menjadikan total kasus aktif tersisa 53 orang tersebar di Pangkalpinang 19, Belitung 17, Bangka 9, Bangka Tengah 4, Bangka Barat dan Bangka Selatan 2 orang pasien.

"Hingga saat ini hanya Belitung Timur yang masih tanpa kasus aktif COVID-19," katanya.

Menurut dia, penurunan kasus COVID-19 ini tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah untuk kembali menggalakkan prokes dan vaksinasi COVID-19 beberapa bulan terakhir.

"Alhamdulillah, masyarakat sudah kembali disiplin menerapkan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan lainnya merupakan kunci agar terhindar penularan virus corona ini," katanya.*

Baca juga: Satgas COVID-19 Babel awasi ketat 76 pasien terpapar virus corona

Baca juga: Pasien COVID-19 di Babel kembali bertambah jadi 73 orang

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022