Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video yang sudah ditonton hingga 35.000 kali di Twitter, beredar dengan narasi terdapat penyelundupan wanita tuna susila ke Indonesia.

Video sepanjang 38 detik itu memperlihatkan sejumlah wanita yang tengah dibantu seorang pria, turun dari sebuah mobil kontainer.

Pengguna Twitter bernama @Bams27735590 yang juga merupakan pengunggah video pendek itu membubuhkan klaim wanita-wanita tersebut berasal dari China dan diselundupkan ke Medan, Sumatera Utara.

Berikut isi narasinya:
"*Penyelundupan sebanyak 36 orang WTS (Wanita Tuna Susila) dari Cina ...... baru turun dari Kontainer di Medan Maimun, SUMUT. ....... Benar-benar menjadi KENYATAAN bahwa di REZIM JOKOWI DHOLIM skrg ini Indonesia udh dikuasai oleh CINA, Astaghfirulloh l-'azhiim !*,".

Konten serupa juga diunggah oleh pengguna Twitter @machbeach pada Senin (1/8).

Namun, benarkah video itu memperlihatkan penyelundupan wanita tuna susila dari China?
   
Penjelasan:
Faktanya, video tersebut tidak ada kaitannya dengan China.

Video yang beredar di Twitter itu memperlihatkan orang-orang yang sedang turun dari kontainer untuk mengikuti kegiatan Medan Automotive Festival 2022.

Pakaian para wanita yang menuruni kontainer itu identik dengan yang ada pada unggahan video Youtube berjudul "SUPER KERENNN ll MEDAN AUTOMOTIVE FESTIVAL", tepatnya pada menit kedua.

Klaim: Video penyelundupan wanita tuna susila dari China
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Peringatan China akan ambil Kalimantan jika Indonesia tidak bayar utang

Cek fakta: Hoaks! WNA China calon penghuni IKN mulai berdatangan

Cek fakta: Hoaks! Video tentara China menyamar dengan jaket Gojek

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022