“Kampus Merdeka menyediakan sembilan opsi dengan berbagai macam program bagi mahasiswa,"
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof Nizam mengharapkan kampus dapat mengembangkan setiap potensi mahasiswa.

“Indonesia saat ini yang memiliki potensi yang unggul, bonus demografi serta didukung dengan adanya kemajuan teknologi tentu diharapkan dapat menjadikan peluang untuk bersaing di masa global untuk menghasilkan insan yang kreatif, inovatif dan dapat bersaing di era ini,” ujar Nizam di Jakarta, Selasa.

Nizam juga mengharapkan bahwa civitas akademika harus mengembangkan kemampuan serta potensi mereka baik selama menjadi mahasiswa dengan contohnya mengikuti beberapa program Kampus Merdeka yang dapat di ikuti seluruh mahasiswa.

“Kampus Merdeka menyediakan sembilan opsi dengan berbagai macam program bagi mahasiswa," terang dia.

Nizam memaparkan beberapa gambaran dari program kampus merdeka yang dapat di ikuti serta telah dijalankan seperti halnya pada tahun 2022 ada 1.500 mahasiswa yang sudah dikirim untuk menjalani program pertukaran mahasiswa ke-72 perguruan tinggi dari 32 negara dunia.

Selanjutnya program kampus mengajar yang diikuti 20.000 mahasiswa yang tersebar diseluruh daerah di Indonesia serta 15.000 mahasiswa mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka ke seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

“Butuh adanya kerja sama dari civitas akademika dan pihak lain yang harus diperbaiki. Ke depannya Universitas Trunojoyo Madura (UTM), tentu sebagai pusat unggulan yang mempunyai keunikan dengan karya penelitian yang berdampak dan bermanfaat khususnya di Madura itu sendiri,” kata dia.
Baca juga: Lulusan Fisipol UMPR cepat dapat pekerjaan
Baca juga: Pembelajaran berbasis proyek efektif tingkatkan potensi mahasiswa
Baca juga: Menparekraf ajak mahasiswa tingkatkan potensi budaya lokal

 

Pewarta: Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022