Saya yakin sebuah kegiatan yang dilandasi kecintaan terhadap sesuatu pasti akan berjalan dengan sukses karena didukung dengan sepenuh hati oleh kedua pihak
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyelesaikan 2nd Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 (WIMT 2022) di Hanoi, Vietnam, setelah melakukan perjalanan lintas lima negara ke Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam, mulai 18 Juli 2022.

"Saya yakin sebuah kegiatan yang dilandasi kecintaan terhadap sesuatu pasti akan berjalan dengan sukses karena didukung dengan sepenuh hati oleh kedua pihak,” kata Dubes Indonesia untuk Vietnam, Denny Abdi, saat menyambut para pemotor Indonesia yang baru menyelesaikan WIMT 2022 pada Senin malam, di Ruang Serbaguna Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Hanoi, menurut rilis pers KBRI Hanoi yang diterima ANTARA, Jakarta, Selasa.

Setelah sukses menggelar WIMT pertama pada 2019, 18 pemotor yang tergabung dalam Ikatan Motor Indonesia (IMI) melakukan perjalanan lintas lima negara mulai 18 Juli 2022.

Pada Minggu pagi, para pemotor disebutkan tiba di perbatasan internasional Cau Treo di Provinsi Ha Tinh, Vietnam, yang berbatasan langsung dengan Laos dan disambut oleh grup motor Vietnam.

Baca juga: Royal Enfield Tour of Indonesia tempuh 1.500 km jelajahi enam kota

Dubes Denny menyampaikan apresiasinya kepada klub motor Hanoi yang menyambut baik kedatangan rombongan WIMT 2022.

"Saya ingat saat pertama kali bertemu Mr. Tran Anh Tuan untuk menyampaikan rencana WIMT 2022, beliau sangat bersemangat dan langsung menyampaikan dukungan penuh,” kata Dubes Denny, menyebut Tran Anh Tuan, yang merupakan Ketua Hanoi Motorbike Club sekaligus Wakil Presiden Vietnam Cycling and Motorcycling Federation.

Ketua Delegasi WIMT 2022 Joel Deksa Mastana mengatakan para pemotor yang ia temui di Vietnam sangat luar biasa karena telah mengawal kedatangan para pemotor dari perbatasan sampai ke Hanoi.

Perjalanan dari perbatasan Cau Treo menuju Hanoi berjarak sekitar 390km dan ditempuh bersama oleh kedua kelompok motor selama hampir sepuluh jam.

Joel menambahkan bahwa kegiatan tersebut menemui banyak kendala. Namun, ia berharap WIMT 2022 dapat memperkuat hubungan kedua masyarakat, termasuk antara komunitas pecinta motor.

Sementara itu, Wakil Direktur Kerja Sama Internasional, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam Luyen Thi Hong Hanh juga menyampaikan apresiasi kepada rombongan WIMT 2022 yang juga membawa berbagai produk Indonesia untuk dikenalkan kepada komunitas pecinta motor di Hanoi.

Ia berharap kegiatan itu dapat semakin menguatkan kerja sama antara Indonesia dan Vietnam.

Selain touring, WIMT 2022 juga membawa misi khusus untuk mempromosikan pariwisata dan UMKM Indonesia di lima negara yang dilalui.

Baca juga: Jonathan Frizzy akan jelajah Bukittinggi naik motor gede
Baca juga: Menparekraf ajak komunitas motor "touring" wisata minat khusus Lombok

Pewarta: Katriana
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022