Solo (ANTARA) - Indonesia mengirim tiga wakil yakni Dheva Anrimusthi, Suryo Nugroho, dan Arya Sadewa ke babak perempat final para-badminton tunggal putra SU5 ASEAN Para Games 2022 selepas rangkaian pertandingan fase grup yang berakhir di Edutorium UMS, Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Dheva sukses menjadi pemuncak klasemen akhir Grup C seusai mengalahkan wakil Vietnam Van Anh Tuan, dua gim langsung 21-9, 21-9 pada Selasa.

"Tentu saja bisa menjadi juara grup jadi motivasi tersendiri untuk mengarungi pertandingan selanjutnya yang menggunakan sistem gugur. Jadi harus bisa bermain lebih baik lagi," kata Dheva ditemui selepas pertandingan.

Baca juga: Dheva berharap emas pertama lecut semangat atlet Indonesia di APG 2022

Hasil atas Anh Tuan memastikan Dheva menyapu bersih kemenangan dalam tiga pertandingan penyisihan Grup C, setelah sebelumnya ia juga melibas wakil Filipina Joseph Clyde Belga dengan skor 21-10, 21-10 dan menang walkover (WO) atas pebulu tangkis Thailand Thaweesap Nattaphon.

Pada babak delapan besar, Rabu (3/8), Dheva akan berhadapan dengan tunggal putra Vietnam Pham Van Toi.

Status juara grup juga berhasil dibukukan oleh Suryo Nugroho yang menyapu bersih kemenangan di Grup B.

Dalam tiga pertandingan Grup B, Suryo menang WO atas Samsori Pricha asal Thailand dengan WO, membekuk Bui Minh Hai dari Vietnam dua gim langsung 21-11, 21-13, dan mengatasi perlawanan wakil Malaysia Muhammad Fareez Bin Anuar 21-18, 21-7.

Selanjutnya, Suryo akan berhadapan dengan sesama wakil Indonesia Arya Sadewa yang melaju ke perempat final setelah berada di posisi kedua Grup A.

Baca juga: Kemenangan WO warnai laga para-bulu tangkis ASEAN Para Games 2022
Baca juga: Mengenal klasifikasi para-badminton penyumbang emas pertama APG 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022