BIAN dilakukan karena dampak pandemi COVID-19 mengakibatkan jumlah anak yang tidak lengkap imunisasinya semakin bertambah
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Agustus 2022 dengan menyasar 174.165 anak usia 9-59 bulan.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati di Depok, Selasa, mengatakan jumlah sasaran anak tersebut berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yang akan mengikuti BIAN di Kota Depok.

Dikatakan Mary, BIAN dilakukan karena dampak pandemi COVID-19 mengakibatkan jumlah anak yang tidak lengkap imunisasinya semakin bertambah.

Penurunan cakupan itu menyebabkan peningkatan jumlah kasus Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Baca juga: Depok mulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun esok

Baca juga: Inspektorat Kemensos temukan bansos terkubur di Depok tak hanya beras


"BIAN ini menjadi momentum bagus dalam meningkatkan capaian imunisasi, menutup kesenjangan imunitas sehingga dapat mencegah kejadian luar biasa PD3I," tuturnya.

BIAN di Kota Depok dilaksanakan pada Agustus 2022 selama 30 hari. Sasarannya ialah anak usia 9 - 59 bulan dengan pemberian imunisasi tambahan campak-rubella. Juga imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 hingga 59 bulan.

Mary berharap pelaksanaan imunisasi tambahan dan imunisasi kejar dapat berjalan optimal untuk meningkatkan kesehatan anak.

Baca juga: Mahasiswa FT UI juara dua kompetisi CESTION

Baca juga: Pemkot Depok kuatkan fungsi dan ketahanan keluarga cegah LGBT

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022