Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya mengimbau warga di daerah tersebut agar tetap waspada banjir menyusul tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Senin malam.

Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri di Calang, Selasa mengatakan hujan yang melanda Kabupaten Aceh Jaya telah menyebabkan enam gampong/desa terendam banjir.

Adapun keenam gampong itu masing-masing Meudhen dan Sapek, Sabet Kecamatan Jaya, Curek Kecamatan Krueng Sabee dan Blang dalam Kecamatan Darul Hikmah, Desa Meudang Ghon Kecamatan Indra Jaya.

Fajri menjelaskan berdasarkan data BMKG .Aceh Jaya saat ini masuk dalam kawasan waspada terhadap banjir akibat hujan deras.

Baca juga: Banjir di Aceh Jaya, 3.115 warga di dua kecamatan mengungsi

Baca juga: BPBK Aceh Jaya imbau masyarakat waspadai banjir susulan


"Kawasan kita masuk dalam wilayah waspada bencana alam banjir, imbauan ini juga sesuai dengan data yang disampaikan oleh BMKG," Kata Kalak BPBK Aceh Jaya.

Ia mengatakan Aceh Jaya merupakan kawasan rawan terhadap banjir sehingga masyarakat yang bermukim di daerah rawan agar tetap waspada.

Selanjutnya daerah tersebut juga rawan bencana alam tanah longsor sehingga pihaknya mengimbau para pengendara yang melintas di kawasan Aceh Jaya agar tetap waspada di wilayah yang sering terjadi longsor.

"Kalau hujan otomatis kontur tanah akan labil dan bisa longsor. Pengendara agar tetap berhati-hati saat melintas pada saat musim penghujan," katanya.*

Baca juga: Banjir melanda setidaknya 40 desa di Aceh Jaya

Baca juga: Banjir melanda delapan desa di Pidie Jaya, Aceh


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022