Jakarta (ANTARA) - Kontingen DKI Jakarta berhasil keluar sebagai juara umum cabang olahraga renang artistik dan loncat indah pada Kejurnas Akuatik bertajuk Festival Akuatik Indonesia 2022 yang berlangsung di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa.

Berdasarkan hasil perlombaan pada hari terakhir, DKI mendapatkan sumbangan medali emas tambahan dari renang artistik nomor team free routine senior dengan raihan 66,8333 poin.

Dengan begitu, DKI yang diperkuat tiga tim yakni Tim Pelatda, Tim TT 66 serta JAQ total mengoleksi 22 medali emas, 15 perak dan tujuh perunggu.

DKI Jakarta keluar sebagai juara umum renang artistik diikuti Jawa Timur di peringkat kedua dengan enam emas, enam perak dan delapan perunggu.

Peringkat ketiga dihuni oleh Yogyakarta dengan lima emas, empat perak dan tiga perunggu. Selanjutnya, di peringkat keempat ada Jawa Tengah dengan satu perunggu dan Kalimantan Timur belum memperoleh medali.

Baca juga: Jawa Timur juara umum Kejurnas Akuatik 2022

Kejurnas Akuatik 2022 menjadi gambaran kekuatan menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumatera Utara nanti. Kendati demikian, DKI tentu tidak bisa bersantai sebab dua kekuatan besar masih belum menampakkan kebolehannya yakni Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Tim Pelatda DKI Jakarta, yang juga disiapkan menuju PON 2024, terdiri dari Gabrielle Permata Sari, Hilda Tri, Maya Anggun, Naima Syeeda, Naura Ulfa, Nayla Adiva Visky Sekar Pribadi dan Andriani Shintya.

Di sisi lain, tim Jawa Timur diperkuat oleh Annisa Octarina Saraswati, Carissa Maharani Latief, Davina Salsabila Handaka, Evenus Lourdes, Putri Nia Mulyono, Shabrina Septiherlina.

Sementara itu, pada cabang olahraga loncat indah, tim DKI Jakarta juga berhasil keluar sebagai juara umum Kejurnas Akuatik 2022.

Tim DKI berhasil menambah dua medali emas, dua perak dan tiga perunggu pada hari keempat perlombaan, Selasa. Kontingen loncat indah DKI mengumpulkan 12 emas, tujuh perak dan tujuh perunggu untuk menyabet gelar juara umum pada ajang bertajuk Festival Akuatik Indonesia 2022 itu.

Peringkat kedua ditempati Jawa Timur dengan enam emas, tiga perak dan dua perunggu setelah berhasil menggeser posisi Kalimantan Selatan, yang berada di peringkat kedua usai menyalip dari posisi keempat pada hari ketiga perlombaan, Senin.

Dengan demikian, Kalimantan Selatan harus puas berada di peringkat ketiga dengan enam emas, satu perak dan tiga perunggu.

Kontingen Sumatera Selatan menempati peringkat empat dengan perolehan empat emas, 13 perak, tujuh perunggu. Menutup lima besar ada Jawa Barat dengan dua emas, enam perak dan sembilan perunggu.

Baca juga: Tim putra DKI juara polo air Kejurnas Akuatik 2022 usai kalahkan Jabar
Baca juga: Lima rekornas kelompok umur tercipta pada hari kedua FAI 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022