PT Angkasa Pura I senantiasa memberikan dukungan yang optimal demi kelancaran pelaksanaan kegiatan ASEAN Para Games sejak sebelum kegiatan berlangsung sampai dengan kegiatan selesai
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan kesiapan fasilitas pendukung kegiatan operasional di Bandara Adi Soemarmo guna memastikan kelancaran pelaksanaan perhelatan olahraga ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 di Solo, Jawa Tengah.

“PT Angkasa Pura I senantiasa memberikan dukungan yang optimal demi kelancaran pelaksanaan kegiatan ASEAN Para Games sejak sebelum kegiatan berlangsung sampai dengan kegiatan selesai," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Faik Fahmi menjelaskan dukungan AP I meliputi pelayanan penanganan para peserta mulai dari mempersiapkan skema kedatangan dan keberangkatan di terminal maupun di sisi udara, mempersiapkan skema pelayanan angkutan darat peserta, serta berkoordinasi dengan pihak maskapai dan groundhandling dalam hal pelayanan selama penerbangan.

Sebanyak 1.657 orang atlet peserta ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 yang berasal dari Indonesia, Laos, Timor Leste, Kamboja, Brunei Darussalam, Myanmar, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam tercatat telah tiba di Solo melalui Bandara Adi Soemarmo dari tanggal 23 - 27 Juli 2022, baik menggunakan pesawat reguler maupun penerbangan charter secara langsung.

Selain pelayanan penanganan para peserta, AP I juga telah menyediakan fasilitas pendukung kegiatan operasional kedatangan maupun keberangkatan yang meliputi penyediaan area registrasi di area kedatangan, penerbitan izin akses area terminal (pas masuk bandara panitia), penerbitan izin akses parkir kendaraan panitia, penyediaan area transport point, dan penyediaan area tunggu bagi peserta/atlet di area kedatangan.

Sedangkan fasilitas pendukung operasional lainnya yang diberikan AP I meliputi kesiapan fasilitas difabel yaitu ramp akses kursi roda pada area keberangkatan dan kedatangan, penyediaan toilet difabel pada area keberangkatan dan kedatangan sebanyak 10 titik, fasilitas special needs service holding room yang berada di area check-in dan penyiapan marka untuk kendaraan penumpang difabel.

Adapun sebelum kegiatan ASEAN Para Games berlangsung, AP I juga telah berpartisipasi dalam hal penyediaan fasilitas publikasi dan sosialisasi kegiatan tersebut dengan menyediakan penggunaan space iklan selama kegiatan berlangsung, penggunaan monitor display dan penyediaan titik penempatan roll banner dan T-Banner di area terminal.

"Angkasa Pura I bersama seluruh stakeholders terkait berkomitmen untuk bersama-sama memastikan kelancaran operasional serta fasilitas pendukung kegiatan operasional dan mengantisipasi potensi risiko yang dapat mempengaruhi kelangsungan perhelatan," ujarnya.

Ia berharap, upaya dilakukan ini dapat mendukung pelaksanaan dan kelancaran perhelatan olahraga ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 serta mendukung keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bagi seluruh pengguna jasa yang akan datang maupun berangkat dari Bandara Adi Soemarmo Solo.


Baca juga: AP I catat trafik penumpang semester I-2022 tumbuh 55,9 persen
Baca juga: AP I operasikan fasilitas layanan vaksinasi di 15 bandara
Baca juga: AP II mulai sosialisasikan penyesuaian tarif airport tax

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022