Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Selasa (2/8), memborong produk UMKM masyarakat setempat.

Aksi borong produk UMKM oleh Menparekraf Sandiaga Uno ini saat berkunjung ke Desa Wisata Belitar Seberang yang masuk 50 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kemenparekraf.

"Saya beli produknya, ya, Bapak untuk oleh-oleh saya bawa pulang ke Jakarta," kata Menteri Sandi saat membeli kopi bubuk merek Kopi Lestari.

Selain itu, dia juga membeli produk UMKM lainnya berupa tas dari kulit kayu seharga Rp200 ribu, kemudian memberikan kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang menemaninya saat meninjau produk UMKM di sekitar lokasi Air Terjun Tri Sakti Desa Belitar Seberang.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Belitar Seberang Hendri Handika menyebutkan produk UMKM ini merupakan produk ekonomi kreatif masyarakat setempat, baik dalam bentuk kerajinan tangan maupun bahan makanan, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di desa mereka.

Usai membeli produk UMKM berupa bubuk kopi, gula semut, dan aneka suvenir, Menteri Sandiaga Uno yang datang ke wilayah itu bersama dengan dewan juri ADWI 2022 ditemani Gubernur Bengkulu,anggota DPR RI Dapil Bengkulu Dewi Coryati, anggota MPR Sultan B. Najamudin, dan Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi meninjau wisata unggulan Air Terjun Tri Sakti.

Rombongan Menparekraf ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit untuk bisa sampai ke lokasi air terjun dengan ketinggian mencapai 86 meter tersebut dan memiliki keunikan karena air yang mengalir selain ada air dingin juga air hangat.

Setelah menuruni anak tangga yang terbuat dari kayu serta beberapa bagian lagi masih berbentuk jalan tanah, mereka sampai ke bawah air terjun. Rombongan Sandiaga Uno langsung disambut atraksi pengibaran poster berukuran besar bergambarkan Menparekraf di tebing Air Terjun Tri Sakti oleh sejumlah anggota Pokdarwis Belitar Seberang.

Usai mengunjungi Desa Belitar Seberang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif langsung bertolak ke Kota Bengkulu untuk mengikuti kegiatan bidang kepariwisataan dan pelatihan kewirausahaan dan optimasi penjualan melalui digital marketing di Universitas Hazairin Bengkulu.

Baca juga: Pemerintah kembangkan alternatif pembiayaan proyek 8 KEK dan 3 BOP
Baca juga: Menparekraf luncurkan "Calendar Event Toraja 2022" berstandar global

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022