Beijing (ANTARA) - Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan kunjungan ke Kamboja untuk menghadiri serangkaian pertemuan mulai Rabu hingga Jumat (5/8).

"Atas undangan Deputi Perdana Menteri dan Menlu Kamboja Prak Sokhonn, Wang Yi melakukan kunjungan ke Kamboja," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Hua Chunying di Beijing, Selasa (2/8).

Wang Yi, yang juga anggota Dewan Negara, akan menghadiri pertemuan antar-Menlu ASEAN dan China, pertemuan antar-Menlu ASEAN Plus Three, pertemuan antar-Menlu East Asian Summit, dan pertemuan antar-Menlu Forum Regional ASEAN (ARF) yang semuanya digelar di Phnom Penh, Kamboja.

"Saat ini situasi di Asia Timur secara umum stabil dan China sangat menikmati momentum peningkatan kemitraan dengan negara-negara di kawasan," kata Hua yang juga Wakil Menlu China itu.

Diplomat perempuan itu juga melihat ASEAN sebagai kekuatan penting dalam stabilitas dan perdamaian serta integrasi ekonomi di kawasan.

"Kami berharap pertemuan tersebut akan membantu pencapaian konsensus lebih lanjut, peningkatan solidaritas, pembahasan mengenai pemulihan dan pertumbuhan ekonomi," kata Hua.

Dalam kunjungan tiga hari di Kamboja itu, Wang akan diterima oleh Raja Norodom Sihamoni, Perdana Menteri Hun Sen, dan bertemu secara bilateral dengan Menlu Prak Sokhonn.

Hua menambahkan bahwa Wang Yi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Jepang Hayashi Yoshimasa di sela-sela pertemuan di Phnom Penh tersebut.

Baca juga: RCEP perdalam kerja sama rantai industri antara China dan ASEAN
Baca juga: Koridor perdagangan darat-laut percepat integrasi ekonomi China-ASEAN
Baca juga: China tekankan perdamaian, stabilitas di LCS demi pembangunan kawasan

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022