Banyak hal yang perlu kita pelajari di Indonesia dari Hokota
Hokota (ANTARA) - Delegasi DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengunjungi Kota Hokota, yang merupakan daerah penghasil sayur-mayur unggulan, nomor satu di Jepang, Rabu.

Delegasi DPR RI yang hadir didampingi Duta Besar RI untuk Jepang dan Mikronesia Heri Akhmadi, disambut langsung oleh Wali Kota Hokota Kishida Kazuo, di Kantor Serbaguna milik Pemerintah Kota Hokota.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota telah menerima delegasi dan Pak Dubes hari ini," ujar Rachmat Gobel dalam sambutannya di Hokota, Prefektur Ibaraki, Jepang.

Rachmat Gobel menyampaikan keinginannya beserta delegasi mengunjungi Hokota untuk melihat dan mendengar bagaimana Hokota bisa menjadi daerah penghasil sayur-mayur dan buah-buahan nomor satu di Jepang.

"Banyak hal yang perlu kita pelajari di Indonesia dari Hokota. Maka saya mengajak kawan-kawan anggota DPR RI dari tiga komisi yaitu IV, VI, dan XI," kata Rachmat Gobel yang merupakan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang).

Wali Kota Hokota Kishida Kazuo menyambut bahagia kehadiran delegasi DPR RI ke kotanya. Hokota terbuka untuk berbagi dengan Indonesia mengenai kesuksesan pertanian di sana.

Baca juga: Delegasi DPR RI bahas peta ekspor dan impor Indonesia-Jepang di Tokyo

"Pertemuan ini bisa menjadi hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Hokota. Kehadiran bapak-ibu menjadi kesempatan untuk lebih mengenal Hokota," ujar Kishida Kazuo.

Wali Kota Kishida menyampaikan salah satu faktor kesuksesan kotanya dalam menghasilkan sayur-mayur dan buah-buahan nomor satu di Jepang, adalah karena adanya sumber daya manusia dari Indonesia.

"Salah satu komoditas unggulan Hokota, misalnya buah melon dan ubi. Kami ingin membangun kerja sama bidang pertanian dengan Indonesia," jelasnya.

Sebagai kesimpulan dari pertemuan tersebut baik Indonesia dan Hokota bersepakat untuk mengirimkan tim ekonomi masing-masing pihak untuk mendiskusikan lebih detail peluang kerja sama yang akan dibangun antara Indonesia dan Hokota.

Salah satu opsi kerja sama yang mengemuka adalah pinjaman lahan seluas 10 hektare di Jepang bagi petani Indonesia untuk bisa menggarap lahan dan belajar mengenai pertanian di Hokota.

Turut hadir dalam pertemuan itu Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sudin, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Golkar Alien Mus, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PAN Abdul Hakim Bafagih, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi NasDem Subardi, anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad, anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi NasDem Charles Meikyansyah.

Baca juga: Wakil Ketua DPR: Investasi Jepang harus perkuat ketrampilan SDM RI

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022