Jakarta (ANTARA) - DANA, perusahaan tekfin besutan anak bangsa, memberikan kontribusi bagi Indonesia karena terpilih menjadi salah satu finalis G20 TechSprint Initiative 2022.

Baca juga: Dompet digital DANA cetak 9 juta transaksi harian

Ajang tersebut merupakan kompetisi internasional sebagai rangkaian dari kegiatan Presidensi G20 Indonesia yang diharapkan menghasilkan solusi berbasis teknologi inovatif berkelanjutan.

DANA berhasil terpilih menjadi salah satu finalis kompetisi G20 TechSprint 2022 bersama dengan 20 finalis lainnya dari lebih dari 15 negara dan yurisdiksi.

"Sebuah kebanggaan bagi DANA bisa mengirimkan talenta terbaik kami untuk berkarya dan berkompetisi di ajang internasional seperti ini. Karyawan DANA merupakan individu-individu yang mampu berpikir kritis, inovatif, dan solutif dalam memajukan sistem pembayaran digital, sekaligus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Tanah Air,” kata Chief People and Corporate Strategy DANA Indonesia Agustina Samara dalam siaran persnya, Rabu.

Para finalis memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari perusahaan global hingga industri teknologi keuangan lainnya.

Dalam kompetisi ini, seluruh peserta ditantang untuk menyiapkan dan mengembangkan solusi untuk tiga kategori permasalahan.

Kategori pertama yaitu membangun sarana yang efektif dan kuat untuk menerbitkan, mendistribusikan dan mentransfer CBDC.

Baca juga: Cara mudah transfer dari DANA ke OVO

Kategori kedua menggerakkan inklusi keuangan, sedangkan kategori yang terakhir meningkatkan interoperabilitas serta menghubungkan sistem pembayaran yang lebih baik.

Pada kompetisi itu, DANA memilih untuk mengembangkan solusi untuk kategori permasalahan yang kedua yakni menggerakkan inklusi keuangan.

Secara internal, DANA yang 60 persen SDM-nya berasal dari generasi digital terus berupaya mengembangkan kompetensi para talentanya agar bisa lebih produktif, kreatif, dan bisa optimal menghadirkan solusi bagi masyarakat.

Berbagai program bahkan dirancang khusus untuk menyejahterakan SDM-nya dari berbagai aspek, seperti finansial, fisik, sosial, maupun psikososial agar tujuan utama terseut tercapai.

Selain kompetensi, DANA juga kerap mengajak karyawannya untuk memberikan dampak sosial langsung kepada masyarakat lewat edukasi.

Misalnya seperti inisiatif program "DANA Untuk Negeri" yang mendorong karyawan DANA menjadi tenaga pengajar sukarela yang andal dalam mendigitalisasi mitra UMKM di Tanah Air.

Berkaca dari dukungan untuk para talenta digitalnya, DANA juga tentunya mendukung tim yang dikirim dalam G20 TechSprint Initiative 2022 untuk bisa memberikan solusi kreatif yang bisa bermanfaat bahkan meraih kemenangan dalam kompetisi itu.

“Meskipun tahapan ini masih panjang, DANA akan terus mendukung upaya karyawan kami. Kami harap partisipasi ini tidak hanya mampu mengasah kemampuan mereka untuk memberikan dampak nyata, tetapi juga mampu menawarkan solusi yang inovatif dan aplikatif bagi Central Bank Digital Currency (CBDC),” tutup Agustina.

Adapun tim DANA akan bersiap hingga akhir Agustus 2022 menyelesaikan prototipe produknya.

Nantinya para finalis juga akan dinilai oleh juri panel independen yang terdiri dari para ahli di bidangnya.

Pemenang untuk masing-masing kategori akan diumumkan pada Oktober menjelang KTT G20 2022.


Baca juga: Kini DANA bisa transaksi untuk layanan Netflix hingga BPJS

Baca juga: Tembus 100 juta pengguna, DANA komitmen akomodir kebutuhan masyarakat

Baca juga: Tembus 100 juta pengguna, DANA komitmen akomodir kebutuhan masyarakat

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022