Tapi kalau kita lihat laporan pemerintah, data-datanya menggembirakan
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) berupaya membantu pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN) setelah pandemi COVID-19 melalui Indonesia Shopping Festival pada 11-21 Agustus 2022 di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

"Sudah dua tahun pusat perbelanjaan, apalagi retail, dalam kondisi yang sangat berat karena beberapa kali ditutup ataupun beroperasi secara terbatas. Ini adalah satu untuk mendorong pemulihan perekonomian khususnya di pusat perbelanjaan," kata Ketua Umum Dewan Pengurus Besar (DPP) APPBI Alphonzus Widjaja saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Alphonzus mengatakan bahwa pada sebelum pandemi, transaksi di pusat belanja secara nasional dapat mencapai Rp60 triliun per bulan. Namun saat pandemi, jumlah transaksi turun menjadi Rp42 triliun per bulan.

Baca juga: Kiat menjaga data pribadi di akun e-commerce

Untuk itu, Indonesia Shopping Festival diharapkan dapat meningkatkan transaksi menjadi Rp50 triliun per bulan dari seluruh pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan ini bisa tercapai, meskipun ada beberapa tantangan seperti daya beli yang masih terganggu oleh ketidakpastian global dan sebagainya. Tapi kalau kita lihat laporan pemerintah, data-datanya menggembirakan. Di semester I inflasi sudah terkendali, ekonomi tumbuh, saya kira ini bisa tercapai," tutur Alphonzus.

Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, Alphonzus mengatakan, Indonesia Shopping Festival juga diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) RI ke-77.

"Setiap tahun, di pusat perbelanjaan itu biasa melakukan promosi atau acara untuk memeriahkan HUT RI. Tapi dari dulu memang dimulai dengan masing-masing mall yang berkreasi membuat acara. Sekarang kita lakukan bersama supaya gaungnya lebih kuat," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Widiantoro selaku Ketua Tim pada Direktorat Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan mengatakan pemerintah menyambut baik penyelenggaraan Indonesia Shopping Festival 2022.

Baca juga: Momen "harbolnas" masih jadi primadona bagi konsumen Tanah Air

"Kami mendukung penuh Indonesia Shopping Festival 2022 mengingat pada masa pandemi menuju endemi ini menjadi momen bagi kami untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak khususnya pelaku usaha retail untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," ujar Widiantoro.

Indonesia Shopping Festival akan dimeriahkan dengan pesta diskon spesial hingga 77 persen, pameran produk dalam negeri dan UMKM, festival kuliner khas nusantara sesuai daerah masing-masing, serta pertunjukan seni daerah dan kolaborasi event yang dilakukan masing-masing pusat belanja.

Kota Surakarta akan menjadi lokasi utama pembukaan Indonesia Shopping Festival, tepatnya di Solo Paragon Lifestyle Mall pada 11 Agustus 2022 dan akan dibuka langsung oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Pada waktu bersamaan, pembukaan juga akan diadakan secara live di beberapa kota lainnya, yaitu DKI Jakarta di Kota Kasablanka Mall, Banten di AEON BSD, DI Yogyakarta di Ambarukmo Plaza, Surabaya di Pakuwon Mall, dan Palembang di Palembang Square.

Baca juga: Pesanan UMKM naik enam kali lipat dalam Shopee 9.9 Super Shopping Day

Baca juga: Hobi belanja daring, Ariel NOAH beli alat-alat untuk rakit perabotan

Baca juga: Delegasi Sherpa G20 belanja produk UMKM di Pulau Komodo

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022