Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi dan elektronik OPPO mengungkapkan desain dan keunggulan kamera seri Reno8 yang akan segera meluncur di Indonesia bulan ini.

"OPPO telah memperkenalkan NPU pertamanya, MariSilicon X. NPU inilah yang akan disematkan pada OPPO Reno8," kata PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Oppo Reno8 series dikenalkan di India 18 Juli 2022

Desain modul kamera dengan kaca tunggal ini pertama kali diterapkan pada perangkat OPPO Find X3 Pro. Kemudian, desain seperti ini menjadi populer di kalangan vendor smartphone dan digunakan di berbagai perangkat.

"Pada OPPO Reno8, desain ini telah disempurnakan lebih dari 100 kali dan memerlukan waktu lebih dari 400 hari untuk penelitian dan pengembangannya," jelas Aryo.

OPPO membuat kaca belakang perangkat Reno8 dengan material kaca Gorilla Glass yang ditempa dengan suhu dan tekanan tinggi. Proses pemanasan kaca ini dilakukan hingga suhu 800 derajat Celcius, sebuah temperatur yang jauh melebihi standar proses penempaan kaca. Selanjutnya, kaca Gorilla Glass dimasukkan ke dalam cetakan dan diberikan tekanan hingga 120kg.

Untuk memastikan hasil pencetakan kaca terasa halus dan terhindar dari permukaan tidak rata, maka cetakan akan melalui proses pemolesan tiga langkah terlebih dahulu sebelum penempaan kaca dimulai.

Baca juga: Mengenal material kulit fiberglass jadi bagian eksterior ponsel
OPPO Reno8 5G yang dipamerkan dalam acara first impression OPPO Reno8 di Jakarta, Rabu (3/8/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Selanjutnya, delapan langkah pemolesan skala nanometer dilakukan langsung pada kaca, yang memastikan tingkat kehalusan pada tingkatan nanometer. Bagian depan maupun belakang kaca perangkat dipoles secara menyeluruh dengan tingkat presisi tinggi hingga penutup belakang kaca tampak dan terasa sangat halus.

Baca juga: OPPO perkenalkan fitur utama A96, disiapkan rilis 7 April 2022

Dari sisi kamera, Reno8 menyematkan dua buah lingkaran modul kamera yang sangat besar pada bagian belakang. Modul kamera ini terinspirasi dari bentuk kamera film vintage, yang juga menjadi penghargaan OPPO terhadap seni cahaya dan bayangan.

Selain memperkenalkan Reno8 Pro 5G yang dilengkapi dengan NPU MariSilicon X, OPPO juga memperkenalkan seri Reno8 5G. Keduanya membawa bahasa desain yang serupa, penegasan pada keunggulan kamera.

Kedua perangkat memiliki fitur kamera yang kurang lebih sama, mengedepankan fitur potret malam hari dan juga pengambilan video yang lebih jernih pada kondisi rendah cahaya. Yang membedakan, Reno8 Pro 5G memiliki kemampuan lebih superior, terutama pada fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video yang sudah mendukung format 4K.

OPPO rencananya akan memperkenalkan kembali keluarga dari Reno8 series pada 11 Agustus 2022, menyusul kemudian peluncuran secara resmi di Indonesia.


Baca juga: OPPO Reno7 Series 5G dan Watch Free meluncur di Indonesia

Baca juga: OPPO luncurkan seri Reno7 bulan ini

Baca juga: OPPO akan luncurkan Reno7 di Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022